Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mengatakan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin telah melayani sebanyak 45.918 penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran 1445 Hijriah.

Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Agustinus Maun di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, menutup secara resmi Pos Koordinasi Angkutan Laut Lebaran 2024 yang telah berjalan mulai pada 26 Maret-26 April 2024.

“Total arus mudik sebanyak 24.913 penumpang dan arus balik sebanyak 21.005 penumpang. Arus mudik dan balik pada 2024 terjadi peningkatan sebanyak 21,70 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 memiliki tantangan yang lebih kompleks karena dihadapkan pada meningkatnya secara signifikan antusias masyarakat untuk melaksanakan perjalanan mudik.

Ia menyebutkan untuk puncak arus mudik di pelabuhan setempat terjadi pada 28 Maret 2024 dengan jumlah penumpang sekitar 1.974 jiwa, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 23 April 2024 dengan jumlah penumpang 1.810 jiwa.

“Untuk kedatangan dan keberangkatan kendaraan tercatat sebanyak 9.173 unit atau meningkat 7,72 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar dia lagi.

Agustinus menuturkan selama pelayanan angkutan laut Lebaran 2024, penyelenggaraan pos koordinasi telah memenuhi aspek keselamatan dan keamanan pelayaran karena tidak ditemukan kendala berarti yang mengganggu kenyamanan masyarakat.

Namun, lanjutnya, dia tetap mengevaluasi penyelenggaraan posko yang sudah berjalan kurang lebih 32 hari guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik di masa mendatang pada pos koordinasi hari raya besar selanjutnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran instansi yang terlibat menyukseskan pelaksanaan angkutan laut Lebaran 2024, di antaranya KSOP Kelas I Banjarmasin, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin, Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin.

Kemudian, Polisi Air Polda Kalimantan Selatan, Polisi Sektor Pelabuhan Laut Banjarmasin, Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin, Kantor SAR Banjarmasin, Pelindo Sub Regional Kalimantan, PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, PT Berlian Lautan Sejahtera Banjarmasin, dan PT Timur Mila Utama Banjarmasin.

“Penyelenggaraan posko angkutan laut Lebaran berjalan dengan aman dan kondusif sehingga tidak ada kejadian yang menonjol,” ujar Agustinus.
KSOP Kelas I Banjarmasin melaksanakan upacara penutupan Posko Angkutan Laut Lebaran 2024 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (26/4/2024). (ANTARA/HO-KSOP Banjarmasin)

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024