PT Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merawat secara rutin pompa distribusi di Booster S Parman, guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

"Kami melakukan perawatan dimulai pada 23-26 April 2024, dari perawatan itu ada sebagian wilayah di Banjarmasin Utara mengalami penurunan distribusi," ucap Manager Produksi IPA I PAM Bandarmasih Roesmamilu Rayadi di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: PAM Bandarmasih layani pembayaran secara daring saat cuti bersama

Dia mengatakan perawatan ini dilakukan agar pelayan PT PAM Bandarmasih kepada pelanggan semakin meningkat dan prima.

Selain itu, perawatan ini dilakukan karena pipa foot valve di Booster S Parman sudah mulai mengalami pengeroposan.

"Agar pendistribusian air bersih ke pelanggan tetap berjalan optimal maka harus dilakukan perawatan dan pergantian terhadap pipa yang kropos," ujarnya.

Roesma juga mengatakan, apabila pipa yang mengalami pengeroposan itu tidak dilakukan pergantian maka saat kondisi air dalam reservoar sedang berada di bawah 50 persen, maka air tidak bisa didistribusikan kepada pelanggan.

Baca juga: PAM Bandarmasih pastikan distribusi air lancar saat Lebaran 2024

Bukan itu saja, ujarnya, perawatan tersebut ada empat unit pipa foot valve yang diganti baru, dan itu dilakukan secara berganti selama kurun waktu empat hari ini.

Selama proses perawatan, tekanan distribusi akan mengalami penurunan, di mana yang biasanya 820 meter kubik per jam, diturunkan menjadi 600-650 meter kubik per jam.

"Kami imbau kepada masyarakat, selama proses perawatan ini distribusi air tidak akan mati total, dan hanya mengalami penurunan saja," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel dorong PTAM Banjarmasin perkuat sinergi bagi pelanggan

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024