Penjabat Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan Hamida Munawarah memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Bauntung Tanjung bersama tim pengendalian inflasi daerah setempat 

“Kenaikan harga masih terjadi meski lebaran telah usai seperti barang merah dan ayam ras," jelas Hamida di Tabalong, Selasa.

Baca juga: Pj Sekda Tabalong minta HIPMI Tabalong perkuat kolaborasi majukan Banua

Dia mengatakan saat ini harga bawang merah masih tinggi yakni Rp50 ribu per kilogram, bawang putih Rp40 ribu per kilogram dan ayam ras mencapai Rp40  ribu hingga Rp50 ribu per ekor (sesuai ukuran).

Hamida pun meminta dinas terkait bisa menindaklanjuti masih tingginya harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran termasuk untuk beras lokal dengan menggelar pasar murah.

Dalam pemantauan ke pasar Tanjung Pj Bupati Tabalong dan TPID juga menemukan kelangkaan sayuran seperti kentang dan wortel akibat terkendalanya distribusi dari Pulau Jawa.

Baca juga: ARUS MUDIK - Sopir armada "Labuh Gratis" jalani tes urine

"Kelangkaan sayur jenis kentang dan wortel karena distribusi belum lancar usia lebaran dan dua hari ke depan diharapkan bisa normal," jelas Hamida.

Menurut satu pedagang Pasar Tanjung Nurdin mengatakan kini harga wortel Rp18 ribu per kilogram, kol Rp12 ribu sampai Rp 15 ribu per kilogram, kentang Rp18 ribu per kilogram dan daun bawang Rp60 ribu per kilogram.

Untuk ketersediaan beras dan telur ayam ras stok aman dengan harga cukup terkendali yakni Rp 31 ribu per kilogram (telur ayam ras) dan beras lokal Rp16 ribu sampai Rp18 ribu per liter.

"Untuk stok beras dan telur ayam ras masih aman dan terkendali serta ada di pasaran," ucapnya.

Baca juga: ARUS MUDIK - Pj Sekda Tabalong cek kesiapan armada "Labuh gratis"

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024