DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Penjabat (Pj) Bupati HSS tahun 2023.

Pj Bupati HSS Hermansyah, di Kandangan, mengatakan sinergisitas yang dibangun dengan sangat harmonis selama ini bersama anggota DPRD HSS, berbagai program yang dicanangkan pemerintah daerah selalu berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, di beberapa indikator makro dan penting, di tahun 2023 kita mengalami cukup banyak peningkatan, terutama juga di bidang pembangunan ekonomi, khususnya pertanian dalam arti luas sebagai penyangga bidang lainnya," ujarnya dalam pidato LKPj, mengutip pers release Diskominfo HSS, Kamis.

Dijelaskan dia,diantara indikator yang disebutkan antara lain nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 mencapai 73,21 naik dari tahun sebelumnya yang hanya 69,76.

Baca juga: DPRD HSS harapkan pembangunan kantor baru bupati sesuai target

Angka Harapan Hidup (AHH) juga meningkat menjadi 72,52 persen dari tahun sebelumnya yang ada di 66,5 persen,

Tak terkecuali penghargaan-penghargaan yang diraih di tahun 2023 untuk HSS juga banyak diterima, baik skala nasional maupun provinsi.

Penghargaan diantaranya adalah kabupaten dengan pemanfaatan informasi terbaik kategori perak, penerima Kalsel Inovation Award, PPD kabupaten terbaik se-Kalsel, Inovatif Goverment Award, dan lainnya.

"Pencapaian pembangunan yang sekarang telah kita laksanakan di HSS mungkin belum bisa memenuhi semua yang diinginkan masyarakat, namun apabila semua pihak dan kepentingan bisa bersinergi dengan baik, maka tidak ada yang tidak bisa dicapai," terangnya.

Baca juga: Kalsel kemarin, sekolah tidak wajibkan perpisahan hingga Kapolres HSS Safari Ramadhan

Dan pihaknya berharap tetap bisa bekerjasama dengan baik bersama para anggota DPRD, yang terus memberikan masukan konstruktif sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dicapai lebih baik, dari tahun ke tahun.

Rapat Paripurna diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan dokumen LKPJ, diserahkan pj bupati kepada Ketua DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi dan Wakil Ketua II DPRD M Kusasi. 

Sementara itu, Ketua DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi (HAF) mengapresiasi Pemkab HSS tepat waktu menyampaikan LKPj kepala daerah tahun anggaran 2023 kepada DPRD .

“Alhamdulillah sesuai dengan PP, bahwasanya paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir LKPj sudah disampaikan,” ujarnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024