Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan Haji Akhmad Fahmi (HAF) mengapresiasi kenaikan partisipasi politik masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 dari 77 persen menjadi 81 persen.

HAF mengatakan peningkatan ini menggembirakan karena penyelenggaraan seluruh tahapan pemilu berlangsung aman, lancar dan demokratis, di Kabupaten HSS hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan perolehan hasil suara secara nasional.

"Terima kasih atas peran semua pihak pesta demokrasi telah dilaksanakan, dan hasil pemilu telah diketahui bersama, mari bersama kembali menyatu membangun daerah," ujar HAF di Kandangan, Jumat.

Baca juga: DPRD HSS gelar Paripurna Perubahan program Bulan Maret

Dijelaskan HAF, keberhasilan pemilu tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi semua elemen masyarakat termasuk para pemilih, penyelenggara dan pengamanan dari TNI Polri, meskipun terdapat perbedaan pilihan namun hal itu lumrah dalam demokrasi.

HAF menekankan perbedaan pilihan tidak menjadikan perpecahan, namun justru dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar "melek" politik.

Selain itu masyarakat lebih peduli terhadap isu daerah dan permasalahan yang harus dipecahkan bersama, salah satunya menyalurkan aspirasi atau hak politik melalui pemilu.

Baca juga: Ketua DPRD HSS puji ketersediaan Drive Thru di Kampung Ramadhan

"Semoga tingkat partisipasi kita terus menunjukkan kemajuan, termasuk nantinya dalam pemilihan kepala daerah di bulan November 2024 mendatang," harapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU HSS Gusriadi mengungkapkan pihaknya menyusun dan mengumumkan secara transparan mengenai persentase partisipasi masyarakat HSS yang tinggi pada Pemilu 2024.

"Kita juga melaksanakan melalui proses tahapan pemilihan, berjalan sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku, tingkat partisipasi masyarakat meningkat dibanding pemilu sebelumnya dari 77 persen menjadi 81 persen," ungkap Gusriadi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024