Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah meminta kepala sekolah (Kepsek) mampu menjadi teladan di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
 
"Kami minta kepsek memberikan contoh yang baik sehingga mampu menjadi teladan," ujar Said usai melantik 12 guru di SD dan SMP di Aula Widiyatama Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Wali Kota minta kepsek beri kontribusi tingkatkan kualitas pendidikan di Banjarbaru
 
Menurut Said, kepala sekolah juga memiliki disiplin yang tinggi dengan tidak melalaikan tugas dan memberi motivasi kepada seluruh pihak di lingkungan sekolah agar kualitas pendidikan dapat meningkat.
 
Ditekankan Said, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memimpin seluruh sumber daya manusia di lingkungan sekolah dan keberhasilan yang dicapai adalah keberhasilan kepala sekolah.
 
"Kepala sekolah pernah menjadi guru biasa dan diberi kepercayaan untuk memimpin guru-guru sehingga harus mampu memberikan contoh yang baik kepada guru-guru maupun para siswa di sekolah," ungkapnya.
 
Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Dedy Sutoyo mengatakan pelantikan kepala sekolah mengisi jabatan kepala sekolah yang telah pensiun, mengundurkan diri maupun untuk penyegaran bagi kepala sekolah.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru lantik ratusan pejabat dan puluhan kepala sekolah
 
"Satu orang mengundurkan diri dan memilih menjadi guru biasa dan ada juga oknum guru yang kena teguran disiplin, termasuk guru penggerak yang mendapat promosi sehingga menjadi kepala sekolah," kata dia.
 
Dikatakan Dedy, cukup banyak guru penggerak yang mendapat promosi dan dipercaya menduduki jabatan kepala sekolah sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
 
"Guru penggerak usianya relatif masih muda dan enerjik sehingga diharapkan memiliki inovasi yang mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan terutama di lingkungan sekolahnya," sebut dia.

Baca juga: Wawali minta kepala sekolah temukan formula pembelajaran jarak jauh

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024