Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin meminta kepala sekolah memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota setempat.
 
"Kami menaruh harapan besar agar kepala sekolah mampu memberikan kontribusi yang besar dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan," ujar wali kota saat pelantikan kepala sekolah di Banjarbaru, Kamis.
 
Selain melantik empat kepala sekolah di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru disaksikan Sekretaris Daerah Said Abdullah dan sejumlah pimpinan SKPD, wali kota juga melantik satu pengawas sekolah.
 
Menurut wali kota, kepada sekolah maupun pengawas harus memiliki kemampuan untuk maju dan mampu menjadi suri tauladan bagi guru dan siswa baik di lingkungan sekolah maupun di tengah masyarakat.
 
"Salah satunya memiliki sikap disiplin dan tidak melalaikan tugas yang diemban. Terus memotivasi guru dan siswa sehingga kualitas pendidikan di Kota Idaman semakin meningkat," pesannya.
 
Ditekankan Aditya, kepala sekolah merupakan guru yang memiliki kemampuan memimpin segala sumber daya di sekolah dan dapat didayagunakan maksimal mencapai tujuan bersama.
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengambil sumpah empat guru dan satu pengawas sekolah di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru, Kamis (1/6/2023). (ANTARA/Yose Rizal)

 
"Keberhasilan sekolah merupakan keberhasilan seorang kepala sekolah dan menjadikan guru sebagai mitra hingga bisa leluasa mengkritik, juga memberikan saran dan usul demi kemajuan sekolah," sebutnya.
 
Selanjutnya, wali kota meminta pengawas sekolah melakukan tugas pokok dengan baik, menilai dan juga membina serta melaksanakan fungsi supervisi baik secara akademik maupun supervisi manajerial.
 
"Pengawas dan guru harus bekerja sama sehingga bisa saling sinergis serta mampu memajukan prestasi siswa maupun memajukan sekolah demi terwujud kualitas pendidikan yang diharapkan," katanya.
 
Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Dedy Sutoyo mengatakan, pihaknya siap menjalankan instruksi wali kota dengan membina dan mengawasi kepala sekolah maupun pengawas agar mampu menjalankan tugasnya.
 
"Kami tentu akan membina dan mengawasi kinerja kepala sekolah dan pengawas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehingga bisa bersama-sama mewujudkan kualitas pendidikan lebih baik," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023