Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tahun 2023 kepada DPRD yang akan memberikan rekomendasi, saran dan masukan atas laporan tersebut.
 
Penyampaian LKPj 2023 dilakukan wali kota melalui rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Fadliansyah bersama Wakil Ketua I Taufik Rachman dan Wakil Ketua II Napsiani S di Banjarbaru, Rabu.
 
"Kami dalam dokumen LKPj sudah menyampaikan berbagai capaian yang diraih Pemkot Banjarbaru pada 2023 dan menunggu rekomendasi, saran dan masukan dari DPRD," ujar wali kota usai paripurna.
 
Menurut Aditya, capaian yang telah diraih mulai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Banjarbaru tahun 2023 sebesar 81,25 persen atau tertinggi dibanding seluruh kota dan kabupaten se-Kalsel.
 
Kemudian angka kemiskinan yang mengalami penurunan mencapai 3,92 persen atau sebanyak 11.181 jiwa, hingga penurunan tingkat pengangguran terbuka yang terdata sebesar 5,01 persen.
 
"Alhamdulillah, IPM Banjarbaru masih menempati yang tertinggi di Kalsel dan angka kemiskinan juga mampu diturunkan serta tingkat pengangguran terbuka yang juga berhasil diturunkan," ungkapnya.
 
Aditya menuturkan, pihaknya juga menyampaikan realisasi APBD 2023 dari target sebesar Rp1,196 triliun terealisasi Rp1,376 triliun sedangkan belanja daerah terealisasi Rp1,396 miliar atau 91,74 persen.
 
"Jadi secara garis besar target-target yang direncanakan sepanjang 2023 berjalan lancar. Terbukti dari banyak pencapaian yang terealisasi mulai dari program pembangunan hingga realisasi APBD," ucapnya.
 
Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah mengatakan, penyampaian LKPj sesuai mekanisme diterima DPRD namun akan dibahas fraksi-fraksi yang akan memberikan saran dan masukan juga rekomendasi.
 
"Fraksi-fraksi DPRD akan memberi tanggapan atas LKPj yang sudah disampaikan wali kota. Bentuknya bisa rekomendasi, saran dan juga masukan yang dijalankan pemkot tahun 2024," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024