Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas mengatakan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) untuk legislatif dan presiden-wakil presiden masih ada pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak 2024.

Suripno mengatakan itu pada sosialisasi peraturan perundang-undangan/peraturan daerah atau Sosper tentang Pemilihan Umum (Pemilu) di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pertokoan di Banjarmasin tutup saat pencoblosan

"Bagian dari Pemilu 2024 tersebut pemilihan kepala daerah (Pilkada), baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang juga harus kita sukseskan," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

Menurut dia, Pilkada pun harus sukses, sebagaimana halnya Pileg dan Pilpres yang sudah berjalan lancar dan aman.

"Pilkada di Kalsel sendiri, selain pemilihan Gubernur (Pilgub) juga pemilihan Bupati/Wali Kota (Pilbup/Pilwali) pada 13 kabupaten/kota," ujarnya.

Mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu berharap atau sekaligus mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kondusifitas daerah sesudah Pileg dan Pilpres.

Baca juga: Pertokoan di Banjarmasin tutup saat pencoblosan

"Sebab tanpa kondusifitas kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan kemungkinan kurang berjalan sebagaimana mestinya," demikian Suripno Sumas.

Harapan dan imbauan senada dari H Sugiarto Sumas selaku narasumber Sosper peraturan perundang-undangan terkait Pemilu, sembari menambahkan agar semua pihak bersabar menunggu hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kemudian daripada itu, tetap menjaga persatuan dan kesatuan siapa pun yang terpilih pada Pileg dan Pilpres," ujar Sugiarto.

Sebelum pencoblosan, Sugiarto memberi pelatihan penghitungan suara secara daring (online) kepada para saksi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Banjarmasin.

Baca juga: Hasil Pemilu 2024 diharapkan sesuai kapasitas

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024