Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Selatan siap menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional Komisi Informasi (Rakornas KI) se-Indonesia 2024.

“Pada prinsipnya, Gubernur Kalimantan Selatan sudah mendukung digelarnya Rakornas KI 2024 mendatang di Kalimantan Selatan,” ungkap Ketua KI Kalsel Nawang Wijayati melalui keterangan tertulis di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Pemprov Kalsel gaet KI Pusat pacu keterbukaan informasi PAM daerah

Nawang mengatakan KI Provinsi Kalsel sangat siap sebagai tuan rumah karena telah mendapatkan dukungan anggaran, sarana dan prasarana.

Ditambahkan Nawang, jika Komisi Informasi Pusat menunjuk Kalsel menjadi tuan rumah Rakornas KI se-Indonesia, maka berpotensi meningkatkan geliat perekonomian daerah yang memiliki banyak kearifan lokal.

“Pasalnya, hal itu meningkatkan geliat perekonomian daerah juga memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan,” tutur Nawang.

Lanjut Nawang, Komisi Informasi Kalsel pun telah berkoordinasi dengan pemangku kebijakan, seperti Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, serta Dinas Koperasi dan UMKM provinsi setempat untuk persiapan Rakornas KI se-Indonesia.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel terima penghargaan Menkumham atas inovasi layanan KI

Nawang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan menyempatkan berkunjung ke Komisi Informasi DKI Jakarta.

Kedatangan Ketua KI Kalsel dan Diskominfo Provinsi Kalsel disambut Dua Komisioner KI DKI Jakarta Harry Ara Hutabarat dan Aang Muhdi Gozali.

Nawang berharap KI DKI Jakarta dapat memberikan dukungan berupa saran serta masukan agar pelaksanaan dapat optimal.

“Tentu membutuhkan dukungan dari KI DKI Jakarta, agar sebagai tuan rumah dapat optimal,” ungkap Nawang.

Diketahui, penentuan tuan rumah serta waktu pelaksanaan Rakornas Komisi Informasi merupakan kewenangan dari Komisi Informasi Pusat.

Baca juga: Masyarakat Kalsel antusias hadiri one stop service konsultasi KI di MIC hari pertama

Pewarta: Taufik Ridwan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024