Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah didampingi Sekretaris Daerah Muhammad Noor, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Kandangan Tahun 2025.

Camat Kandangan Syamsuri, di Kandangan, mengatakan musrenbang merupakan kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan secara berjenjang, guna memastikan setiap proses dan tahapan perencanaan pembangunan di HSS.

"Daftar usulan yang telah dihimpun oleh admin desa dan kelurahan diaplikasi kita, sudah dibuatkan daftar panjang ada 207 usulan," ujarnya, dalam keterangan, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: DPRD HSS rekomendasikan pemkab bentuk tim terpadu selesaikan sengketa lahan

Dijelaskan Syamsuri, setelah diusulkan bersama di pra Musrenbang didapat 36 usulan prioritas, mencakup bidang infrastruktur, sosial budaya dan perekonomian.

Dan secara umum usulan dalam bidang infrastruktur khususnya di wilayah empat kelurahan, terkait rehabilitasi saluran drainase.

Pj Bupati HSS Hermansyah, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir pada kegiatan musrenbang, yang mana ini merupakan salah satu tahapan penting dalam penyusunan RKPD tahun anggaran 2025.

"Di setiap kecamatan kami mengikuti musrenbang dari awal sampai akhir," ucapnya.

Baca juga: Pemkab HSS-Kejari kerja sama tangani hukum perdata dan TUN

Menurut Hermansyah, hal ini untuk mengawal usulan-usulan yang menjadi skala prioritas karena keterbatasan adanya anggaran.

Oleh karena itu, dari tingkat kecamatan diharapkan setiap usulan yang masuk RKPD adalah usulan yang memang sangat prioritas.

"Ini adalah untuk sinkronisasi dari usulan kegiatan dengan pendekatan perencanaaan dari bawah atau bottom up planning, dengan usulan dari atas atau top down planning yang sudah disusun SKPD," jelasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024