Tuan Guru Haji (TGH) Madyan Noor Mar'ie mengingatkan arti penting "perangai" atau akhlak yang baik bagi kehidupan seseorang, terutama kaum Muslim.

Tuan Guru Madyan mengingatkan arti penting perangai yang baik itu dengan mengutip Hadits Rasulullah Saw bersabda dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Arba atau Rabu malam.

Baca juga: Tuan Guru Haji Madyan soroti masalah narkoba di Kalsel

Penggunaan Arba dalam bilangan atau penanggalan Hijriah/Islami artinya hari keempat, karena pertama itu Ahad (Wahid).

Ia menceriterakan, pada suatu saat kepada para sahabatnya Rasulullah Saw bersabda : bahwa beliau bermimpi di hari kiamat ada sekelompok manusia berjalan dengan cara merangkak mau mendekat kepada Allah SWT.

Sementara untuk mendekat kepada Allah ada pemisah, ujar Tuan Guru yang lama menimba ilmu agama di Mekkah Madinah Arab Saudi bergelar "Lc" dan "MA" itu mengutip Hadits Rasulullah Saw tersebut.

"Bayangkan bagaimana dengan jalan merangkak atau dalam bahasa daerah Banjar Kalsel 'batingkaung' untuk mendekati Allah dan ada pemisah lagi " tutur mantan Ketua Persatuan Qari dan Qariah DKI Jakarta itu.

Baca juga: Dalam Pemilu 2024 kaum Muslim diingatkan jangan terima sogok apapun alasan
 
Tuan Guru Haji Madyan Noor Mar'ie saat tausiyah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Rabu (17/1/24) malam. (ANTARA/Syamsuddin Hasan
 
Namun, lanjutnya mengutip Hadits Rasulullah Saw, tiba-tiba dalam keadaan yang memilukan tersebut datang pahala perangai/akhlak baik). Melihat itu Malaikat pun memberikan pertolongan kepada kelompok manusia yang mau mendekat Allah.

"Pasalnya orang-orang tersebut selagi hidup berbudi pekerti atau berperangai/berakhlak yang baik," kutip keponakan almarhum H Idham Chalid - mantan Wakil Perdana Menteri (Waperdam) II masa Presiden Soekarno itu.

Ia menambahkan, perangai yang baik itu terutama dengan Allah SWT, kepada sesama manusia tanpa memandang agama (apakah apakah Muslim atau non Muslim) serta terhadap hewan ataupun makhluk lain ciptaan Allah seperti tumbuhan dan batu sekali pun.

"Akhlak baik dengan Allah ialah melaksanakan hak Allah sebaik-baiknya seperti beribadah kepada Nya, tanpa menserikatkan Allah dan banyak lagi yang lainnya harus sesuai tuntunan Allah dan Rasulullah Nya," demikian Tuan Guru Madyan.

Baca juga: Pemkab HST gelar tausiah datangkan Ustadz Abdul Somad

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024