Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengenalkan Rumah Peradaban Karst Mantewe Situs Cagar Budaya Liang Bangkai kepada pelajar di "Bumi Bersujud"

Sekretaris Disbudporapar Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Zabir di Batulicin, Selasa, mengatakan peserta kegiatan sebanyak 100 pelajar. Mereka merupakan perwakilan dari SMPN Mantewe, SMPN Karang Bintang, SMPN Simpang Empat, dan SMP Kodeko.

Baca juga: Bapenda Tanbu target pendapatan 2024 Rp3,1 triliun

"Rumah Peradaban Karst Mantewe merupakan salah satu program kegiatan dari Disbudporpar dalam hal memasyarakatkan hasil penelitian arkeologi," kata Zabir.

Dia menjelaskan, rumah peradaban merupakan media informasi dan wadah informasi hasil-hasil penelitian arkeologi.

Dalam upaya memperkokoh khasanah budaya bangsa serta pendidikan karakter bangsa untuk masyarakat dan pendidikan.

Tanah Bumbu memiliki 15 Objek Cagar Budaya yang tersebar di beberapa Kecamatan. Salah satunya adalah Situs Cagar Budaya Goa Liang Bangkai (Karst Mantewe) yang memiliki peninggalan jejak sejarah zaman purba.

Baca juga: Produksi cabai di Tanah Bumbu capai 22,5 ton per hektare

Dari hasil penelitian menemukan fosil manusia purba dan beberapa lukisan di dinding batu yang diduga dibuat oleh manusia purba zaman dahulu.

Zabir menambahkan, Dinas Budporapar Tanah Bumbu berkomitmen kegiatan ini untuk kemajuan kebudayaan, pelestarian dan perlindungan cagar budaya di Tanah Bumbu.

Adapun upaya yang telah di lakukan melalui program pelestarian dan pengelolaan cagar budaya salah satunya melalui kegiatan rumah peradaban dengan melakukan kunjungan lapangan bagi murid-murid sekolah di situs-situs arkeologi.

Dia berharap para murid bisa belajar memaknai nilai-nilai kehidupan masa lampau, dengan dipandu para peneliti arkeologi atau sejarawan.

"Kunjungan lapangan ke situs-situs arkeologi merupakan wujud dari destinasi pendidikan, kegiatan ini di harapkan dapat menumbuhkan toleransi pada siswa," tutupnya.

Baca juga: Polres Tanah Bumbu raih penghargaan dari Ombudsman Kalsel

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024