Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan bus gratis hingga tempat menginap bagi jamaah yang menghadiri peringatan wafat atau Haul ke-19 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani lebih dikenal Guru Sekumpul Martapura.
 
"Pemkot menyiapkan angkutan bus gratis bagi jamaah hingga tempat menginap termasuk konsumsi bagi jamaah yang tinggal sementara waktu di tempat itu," ujar Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Jumat.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru persiapan dukung Haul Guru Sekumpul
 
Menurut Aditya, pihaknya juga sudah menyiapkan sebanyak 27 titik parkir untuk menampung kendaraan roda dua maupun roda empat milik jamaah sehingga tidak kesulitan menuju ke lokasi haul.
 
Disebutkan Aditya, penetapan lokasi parkir itu sesuai hasil rapat koordinasi yang dilakukan Pemkot Banjarbaru bersama pihak terkait dengan kawasan parkir yang disepakati Pemprov Kalsel dan perusahaan swasta.
 
"Kantong parkir yang disediakan sebanyak 27 titik dengan titik utama di Lapangan Dr Murdjani, sedangkan titik parkir lainnya tersebar di pusat perkantoran Jalan Panglima Batur dan kawasan sekitarnya," ucap dia.
 
Selain kantong parkir, lapangan ikonik Kota Banjarbaru itu juga akan dijadikan "terminal bus" dadakan yang melayani jamaah menuju pusat haul di Jalan Sekumpul Martapura menggunakan sembilan bus gratis.
 

"Dapur umum yang dikelola Dinas Sosial juga disiapkan di Lapangan Dr Murdjani dan menyediakan sebanyak 1.000 bungkus nasi dan lauk siap saji serta bubur kacang dan roti," sebut Aditya.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru sukseskan haul Guru Sekumpul
 
Dikatakan Aditya, pihaknya juga mengerahkan tim kesehatan yang bertugas di posko kesehatan dengan lokasi yang tersebar baik di rumah sakit maupun puskesmas sehingga memudahkan pelayanan kesehatan.
 
"Selain menyiapkan pos kesehatan menetap di satu titik, juga disiapkan layanan kesehatan mobile sehingga bergerak membantu penanganan jamaah yang membutuhkan tindakan medis di titik tertentu," ungkapnya.
 
Aditya sudah menginstruksikan Dinas Komunikasi dan Informasi mengoperasikan kamera pemantau atau "CCTV" pada 25 titik terintegrasi dengan CCTV Diskominfo SP Banjar di wilayah Martapura Kabupaten Banjar.
 
"Melalui pemantauan CCTV mulai Ahad sore pukul 16.00 WITA akan disiarkan informasi kondisi arus lalu lintas dari Kota Banjarbaru menuju Martapura dan sebaliknya sehingga terlihat kepadatannya," ujar dia.
 
Tak hanya itu, seluruh televisi layar besar (videotron) yang tersebar pada sejumlah tempat akan menayangkan siaran langsung proses haul ke-19 Guru Sekumpul untuk menghindari penumpukan jamaah.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru dukung penuh haul Guru Sekumpul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024