Pemerintah Kota Banjarbaru mendukung penuh pelaksanaan haul atau peringatan wafat ke-15 ulama besar Kota Martapura KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang akrab disapa abah Guru Sekumpul. 

"Kami mendukung penuh pelaksanaan haul Guru Sekumpul dan siap untuk membantu kelancaran haul yang akan dilaksanakan, Ahad (1/3) malam," ujar Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Senin. 

Ia mengatakan, pihaknya sudah membentuk panitia dipimpin Asisten II Setdako Banjarbaru untuk menyusun dan menyiapkan langkah-langkah yang diambil untuk mendukung lancarnya haul ulama besar Kalsel tersebut. 

Disebutkan, persiapan yang akan dilakukan diantaranya area parkir di sejumlah lokasi termasuk Lapangan Murjani depam Balaikota Banjarbaru yang digunakan untuk parkir mobil dan kendaraan besar lainnya. 

"Kami juga menyediakan halaman sekolah yang difungsikan sebagai lahan parkir roda dua maupun roda empat sehingga jamaah lebih nyaman mengikuti proses haulan yang ramai sejak sehari sebelumnya," ucap dia. 

Diketahui, haul abah Guru Sekumpul dipastikan dihadiri jutaan jamaah yang berdatangan dari berbagai penjuru Kalsel bahkan jamaah dari Pulau Jawa hingga luar negeri sehingga pusat haul sulit untuk didatangi. 

Prosesi haul berpusat di musala Ar Raudhah Martapura sekaligus makam ulama besar itu. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Banjarbaru yang dipastikan sepanjang jalan akan dipenuhi jutaan jamaah. 

Berkaca tahun lalu, jamaah datang sejak pagi hari dan menjelang sore berbagai ruas jalan ditempati jamaah untuk mengikuti prosesi haulan yang dimulai sejak Magrib dan berakhir menjelang shalat Isya. 

Jutaan jamaah akan memenuhi ruas Jalan Sekumpul sepanjang 5 kilometer hingga ke Jalan Jenderal Ahmad Yani ke arah Martapura dan ke arah Kota Banjarbaru hingga bundaran Simpang Empat yang jaraknya 3 kilometer dari mulut Jalan Sekumpul.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020