Pemerintah Kota Banjarbaru siap mensukseskan haul ke-15 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul yang dipuncaknya dilaksanakan pada Ahad (1/3) malam. 

Kesiapan mensukseskan agenda keagamaan tahunan terhadap ulama kharismatik asal Martapura, Kalsel itu ditandai apel gabungan persiapan haul Abah Guru Sekumpul dipusatkan di Lapangan Murjani Banjarbaru, Kamis.

Apel gabungan dipimpin langsung Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani diikuti seluruh SKPD Pemkot Banjarbaru seperti Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan.

Kemudian, Dinas Pendidikan, Satpol PP, serta PMI, dan para relawan, RAPI, DHC 45, Tagana, MPA, serta relawan dari setiap kelurahan di Banjarbaru yang siap sedia melayani jamaah secara sukarela selama haul. 

"Sesuai visi Banjarbaru sebagai kota pelayanan berkarakter sehingga kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah yang menghadiri haul agar mereka bisa mengikuti dengan tenang dan aman," ujar wali kota. 

Menurut Nadjmi, Pemerintah Kota Banjarbaru mengerahkan seluruh kekuatan dan potensi yang ada untuk mendukung dan mensukseskan kelancaran pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul.

Persiapan yang dilakukan adalah menjadikan Lapangan Murjani sebagai tempat parkir kendaraan jamaah sekaligus tempat transit, dan pemkot telah menyiagakan 15 unit bus dan mobil untuk mengantar jemput jamaah ke titik terdekat pelaksanaan haul.

Jamaah juga bisa memarkir kendaraan di semua perkantoran yang ada di sekitaran lapangan Murjani Banjarbaru disamping menyiapkan 14 sekolah dijadikan tempat menginap dan singgah bagi jamaah luar kota.

Sekolah yang disiapkan antara lain SDN 1 Sungai Ulin, SDIT Qardan Hasana, SDIT Robbani, SDN 2 Mentaos, SDN 3 Sungai Ulin, SDN 1 Sungai Besar, SDN 5 Sungai Ulin, SDN 3 Cempaka, SDN 3 Komet, SDN 2 Komet, SDN1 Komet.

Selanjutnya, SMPN 2 Banjarbaru, SMPN 14 Banjarbaru dan SMPN 9 Banjarbaru yang secara keseluruhan mampu menampung sebanyak 2500 orang jamaah termasuk disiapkan dapur umum yang melibatkan para guru di sekolah.

Selain sekolah, juga disiapkan Gedung Bina Satria, kantor Kecamatan Banjarbaru Utara dan Mess L sebagai tempat menginap dan tempat singgah yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti toilet portable.

Juga disediakan kantong plastik untuk tempat sampah di sepanjang jalur,  tempat wudhu dengan 4 unit mobil tangki dan tandon, tenda dan fallbed di Lapangan murjani serta 14 posko kesehatan dan 1 unit mini ICCU. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020