Badan Pengawas Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (Bawaslu Kalsel) memonitor pengiriman sampul surat suara dan formulir A4 untuk Pemilu 2024 yang telah selesai dicetak dan mulai dilakukan distribusi oleh pihak perusahaan dari Pasuruan, Jawa Timur ke Banjarmasin, Kalsel.

"Progres cetak dan distribusi ini kita kawal betul agar dipastikan sesuai kualitas serta tepat waktu," kata anggota Bawaslu Kalsel Muhammad Radini di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Bawaslu Kalsel temukan ribuan surat suara rusak di HSS

Radini mengatakan pengiriman logistik pemilu berupa sampul surat suara telah 100 persen dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kemudian menyusul pengiriman formulir A4 dalam beberapa hari kedepan oleh PT Inpera Pratama Indonesia selaku perusahaan yang mencetak logistik pemilu tersebut.

Radini mengungkapkan kebutuhan sampul surat suara untuk 13 kabupaten dan kota di Kalsel berjumlah 477.456 lembar.

Baca juga: Kalsel kemarin, pencarian bocah hingga tiga orang tewas tenggelam

Sedangkan formulir A4 sebanyak 258.096 lembar untuk disalurkan ke 13.584 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kalsel.

Diketahui untuk surat suara sendiri saat ini dalam proses penyortiran dan pelipatan oleh petugas KPU di tingkat kabupaten dan kota.

Seluruh tahapan pemilu ini diawasi secara ketat oleh Bawaslu di setiap tingkatannya agar dapat berjalan sesuai aturan pemilu dan mencegah terjadinya pelanggaran.

Baca juga: Bawaslu Kalsel gandeng MUI serukan tolak politik uang

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024