Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan mengajak media massa berkolaborasi yang menguntungkan (mutualisme) dengan menjaga kualitas data untuk memenuhi kebutuhan informasi.
 
Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Kalsel Nurul Sabah di Banjarbaru, Rabu, mengatakan langkah yang dilakukan untuk menjalin hubungan dengan media massa melalui mini "workshop" bersama wartawan.

Baca juga: Kotabaru sambut Kepala BPS se-Kalsel
 
"Kami menggelar mini workshop dengan mengundang wartawan dari berbagai media massa baik cetak, elektronik maupun media online sehingga bisa saling berdialog dan diskusi," ujar Nurul.
 
Nurul menekan pelatihan itu bertujuan meningkatkan kolaborasi antara BPS Kalsel dengan media massa untuk penyebarluasan informasi di provinsi setempat.
 
Menurut Nurul, berbagai indikator yang dikeluarkan BPS sangat penting bagi berbagai pihak karena dapat digunakan pemerintah sebagai dasar perencanaan hingga evaluasi data yang diperlukan.
 
Nurul menuturkan sektor swasta pun dapat menggunakan data BPS untuk menganalisis berbagai potensi investasi dan bisnis, sedangkan publik menggunakan data BPS sebagai pengawasan pada kinerja.
 
"Tingginya kebutuhan dan kepercayaan terhadap BPS meningkatkan tingkat kritis publik terhadap data dari media massa pada produk jurnalistik, sehingga datanya harus akurat," ungkapnya.

Baca juga: Kalimantan Selatan miliki 488.487 usaha pertanian
 
Dia mengatakan hal itu menjadi tantangan bagi wartawan saat menyampaikan berita terkait data dan tidak terbatas interpretasi data mudah dipahami publik tapi mencakup isu-isu seperti metodologi dan proses pendataan.
 
"Harapan kami, melalui kolaborasi mutualisme antara BPS dan media massa, tersaji pemberitaan yang aktual dan faktual, sehingga kualitas jurnalistik yang dihasilkan menjadi baik dan terpercaya," ujar Nurul.
 
Penjabat Kehumasan BPS Kalsel Hakiki Sandhika Raja menyampaikan materi pengenalan BPS secara tugas dan fungsi, akses layanan hingga literasi data sebagai bekal wartawan memahami data yang dirilis BPS.
 
"Semoga kegiatan ini memberikan manfaat maksimal di penghujung tahun agar di awal tahun, kolaborasi berjalan sudah dibekali kematangan pengetahuan yang baik sehingga tersaji pemberitaan akurat," ungkap Sandhika.

Baca juga: BPS Kalsel data seluruh koperasi dan UMKM

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023