Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto memastikan 285 gereja merayakan malam Natal berjalan kondusif dan tanpa  peristiwa menonjol berdasarkan laporan dari 13 polres di wilayah hukum provinsi setempat.

"Alhamdulillah semuanya kondusif, peribadatan di gereja berjalan lancar dan aman," kata Kapolda Kalsel saat memantau peribadatan Misa Natal pada sejumlah gereja di Banjarmasin, Minggu malam.

Baca juga: 2.453 personel amankan libur Natal dan tahun baru di Kalsel

Untuk mengamankan Misa Natal, Polda Kalsel mendirikan posko pada semua gereja dengan penempatan personel gabungan TNI-Polri dibantu instansi pemerintah daerah.

Kemudian, Detasemen Gegana Brimob dan Unit K-9 Direktorat Samapta Polda Kalsel dibantu jajaran polres melakukan sterilisasi di lokasi gereja sejak Sabtu.

Winarto menyebutkan petugas tidak menemukan benda mencurigakan dari hasil sterilisasi, seperti bahan peledak dan sebagainya.

"Semua langkah pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi saudara-saudara kita yang merayakan Natal," ujar Winarto didampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat menyambangi tiga gereja di Banjarmasin.

Baca juga: Kamtibmas aman sepanjang rangkaian perayaan Natal di Banjarmasin
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto saat meninjau peribadatan Misa Natal di Gereja HKBP Banjarmasin, Sabtu (24/12/2023) malam. (ANTARA/Firman)

Winarto pun mengimbau masyarakat terutama umat Nasrani agar tidak khawatir mengikuti seluruh rangkaian ibadah Natal.

Kapolda Kalsel menegaskan aparat keamanan telah menyiapkan langkah sigap dan preventif secara optimal untuk mencegah hal-hal tak diinginkan.

Diketahui, pengamanan Natal menjadi bagian dari Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan Polri selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Polda Kalsel mengerahkan sebanyak 2.453 personel untuk mengamankan libur akhir tahun kali ini.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin pimpin patroli jaga kondusifitas malam Natal

Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023