Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mengerahkan 2.453 personel untuk mengamankan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melalui Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai 22 Desember 2023-2 Januari 2024.

"Kita juga dibantu dari unsur TNI dan instansi pemerintah lainnya sebanyak 1.046 personel," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Gubernur imbau masyarakat tidak bepergian di akhir tahun

Untuk mengoptimalkan tugas anggota melayani masyarakat di lapangan, Polda Kalsel membangun 14 pos pelayanan dan 20 pos pengamanan tersebar pada sejumlah lokasi strategis.

Kapolda Kalsel mengatakan Operasi Lilin menjadi perhatian utama pengamanan perayaan Natal dan juga pergantian tahun karena biasa diiringi peningkatan mobilitas masyarakat.

Oleh karena itu, dia memberikan atensi khusus terhadap jalur transportasi karena peningkatan arus lalu lintas kendaraan di jalan raya.

"Termasuk jalur menuju objek wisata yang diprediksi ramai harus juga meningkatkan pengamanan oleh anggota di lapangan dalam pengaturan lalu lintas," ucap Winarto.

Baca juga: Masyarakat Kalsel semakin mencintai budaya tertib berlalu lintas
 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto saat menyematkan pita menandai dimulai Operasi Lilin Intan 2023 di Banjarmasin, Kamis (21/12/2023). (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, Winarto mengingatkan pula masyarakat terhadap potensi kerawanan bencana alam, seperti banjir dan longsor ketika memasuki musim penghujan pada akhir 2023.

Menurut Winarto, penting bagi masyarakat mengecek informasi cuaca dari BMKG setiap kali akan bepergian agar bisa diantisipasi terhadap hal tak diinginkan.

"Tentunya kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan bencana termasuk edukasi pencegahan ke masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Brimob sterilisasi gereja dari bahan peledak

Video:
   

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023