Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan Ahmad Solhan menyampaikan pembangunan jalan alternatif Kota Banjarbaru dan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 65 persen.
 
"Pembangunan jalan alternatif Banjarbaru-Batulicin ini panjangnya sekitar 100 kilometer," ujar di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin rampung 2024
 
Menurut dia, pembangunan jalan yang dimulai sejak 2919 hingga berlanjut pada akhir 2023 ini akan mencapai 65 kilometer jalan beraspal.
 
Dikatakan Solhan, pengerjaan penyelesaian jalan alternatif atau jalan tol ini ditarget rampung pada 2024.
 
Diungkapkan dia, pengerjaan jalan ini tidak hanya pengaspalan, namun juga membangun beberapa jembatan, bahkan ada dua jembatan yang cukup panjang.
 
"Ada pula dibangun sebanyak 15 box culvert atau jembatan gorong-gorong," tutur Solhan.
 
Dia pun memastikan komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menyelesaikan jalan tersebut buat masyarakat untuk bisa memangkas perjalanan yang signifikan. 
 
Progres pembangunan jalan Banjarbaru-Batulicin yang akan memakan anggaran Rp1,8 triliun hingga memasuki akhir tahun ini juga mendapat perhatian tenaga ahli Gubernur Kalsel.


Baca juga: Bang Dhin apresiasi pembangunan jalan Banjarbaru - Batulicin Kalsel
 
Rombongan Tenaga Ahli Gubernur Kalsel pada bidang Percepatan Pembangunan Apriansyah bersama Syahbuddin dan Wahyuddin meninjau pembangunan jalan alternatif tersebut.
 
Kunjungan rombongan tersebut didampingi Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel Andri Fadli, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kalsel Azan Syariful Muaz dan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Gusti Rahmad dan pejabat lainnya. 
 
Dinyatakan Tenaga Ahli Gubernur Kalsel Apriansyah, pihaknya ingin mengevaluasi proyek pembangunan strategis milik Pemprov Kalsel.
 
"Ini salah satu proyek strategis Pemprov Kalsel yang dampaknya sangat bagus untuk memperlancar arus lalu lintas angkutan barang," katanya.
 
Ini menjadi tugas timnya melakukan peninjauan sekaligus mengevaluasi proyek strategis milik Pemprov Kalsel tersebut, agar bisa mengetahui kendala dan dapat selesai sesuai target yang sudah ditentukan.
 
"Mudah-mudahan untuk jalan bebas hambatan Banjarbaru-Batulicin bisa selesai di tahun 2024," katanya.

Baca juga: Pembangunan jalan bebas hambatan Banjarbaru - Batulicin berlanjut
 
Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan (tengah pakai kacamata) dengan para tenaga Ahli Gubernur Kalsel saat meninjau progres pembangunan jalan alternatif Banjarbaru-Batulicin, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/HO-MC Kalsel)
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023