Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan mendorong penyetaraan gender sebagai wujud satu komitmen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan.
 
"Pemkot sudah komitmen sehingga mendorong terwujudnya kesetaraan gender," ujar Kadis Pengendalian Penduduk, KB Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Banjarbaru Sri Lailana di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Pemkab Tanah Bumbu sosialisasikan pendampingan advokasi gender
 
Menurut Sri, langkah yang sudah dilakukan adalah rapat Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) mengundang pihak terkait untuk menyamakan persepsi atas kesetaraan gender.
 
Sri menyebutkan, tema rapat yakni "Revitalisasi penyelenggaraan PUG pada proses pembangunan melalui perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengawasan dan pelaporan pengarusutamaan gender".
 
"Tujuan rapat Pokja PUG agar setiap perangkat daerah dapat memahami isu gender secara holistik, sehingga bisa melaksanakan perencanaan penganggaran responsif gender, dalam rangka menunjang arah pembangunan daerah responsif terhadap gender," ungkapnya.
 
Ditekankan, pihaknya mendorong seluruh Pokja PUG Kota Banjarbaru yang anggotanya seluruh kepala SKPD lingkup pemko Banjarbaru bisa bekerja sama dan memaksimalkan peran guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.
 
Selain itu, juga mengajak seluruh kepala SKPD di lingkup Pemkot Banjarbaru agar berkomitmen untuk menciptakan lingkungan di mana setiap warga, baik pria maupun wanita, memiliki kesempatan sama berkembang dan berpartisipasi dalam pembangunan Banjarbaru. 
 
"Penyetaraan gender bukan hanya masalah hak-hak perempuan, tetapi juga investasi dalam pembangunan berkelanjutan dan kemakmuran bersama. Oleh karena itu, Pemkot secara aktif mendorong pelibatan perempuan di berbagai sektor," katanya.
 

Baca juga: BKKBN dukung Forum Internasional atasi kekerasan berbasis gender dan kepemudaan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023