Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Said Abdullah mendorong peningkatan literasi di kalangan pelajar sehingga mampu meningkatkan potensi dan bakat mereka di bidang tersebut.
 
"Pemkot Banjarbaru akan terus menggali potensi dan bakat pelajar Banjarbaru di bidang literasi agar bisa menyalurkan potensinya," ujar sekda saat menutup Festival Literasi di Aula Gawi Sabarataan, Senin.
 
Menurut Said, potensi dan bakat yang dimiliki kalangan pelajar cukup banyak sehingga harus terus digali agar terus berkembang dan mereka mampu mengembangkan potensi dirinya di masa mendatang.
 
Disebutkan, potensi dan bakat literasi pelajar Banjarbaru cukup banyak, mulai bakat menggambar, menulis dan bercerita termasuk. bercerita berbahasa Inggris yang cukup banyak pesertanya.
 
"Melihat banyaknya potensi itu, maka Pemkot Banjarbaru siap untuk menggalinya dan tahun depan di festival literasi bulan hanya lomba bercerita bahasa Inggris tetapi juga bahasa Arab," ucapnya.
 
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banjarbaru Slamet Riyadi mengatakan, Festival Literasi Banjarbaru 2023 yang digelar tanggal 11 Oktober - 11 Desember 2023 diminati masyarakat.
 
"Salah satu buktinya, kunjungan ke perpustakaan meningkat mencapai 400 persen. Itu menunjukan festival yang digelar mendapat perhatian dan diminati masyarakat dengan datang ke perpustakaan," ujarnya.
 
Penutupan Festival Literasi juga diisi peluncuran Kompilasi Komik Strip Pelajar Banjarbaru berisi kompilasi 30 buah komik terbaik antarpelajar se-Kota Banjarbaru dapat dibaca melalui aplikasi mobile iBanjarbaru.
 
Penutupan juga ditandai pemberian penghargaan pegiat literasi yakni Nurul Asmayani, Maulidin Rahman, dan Ersis Warmansyah Abbas juga 5 pemenang lomba Festival Literasi Banjarbaru 2023.
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023