Manajemen PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sukses hadirkan listrik andal tanpa kedip pada UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator World Championship 2023 yang diikuti pesepeda dari 63 negara di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
 
Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya PLN UID Kalselteng Presly Silaen melalui keterangan tertulis di Banjarbaru, Rabu mengatakan, pihaknya bangga atas terselenggaranya kejuaraan skala internasional kedua kalinya di Kota Palangka Raya, Kalteng yang berjalan sukses.
 
"Sekali lagi kami bersyukur bisa membawa harum nama bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan listrik yang andal pada gelaran UCI MTB yang berakhir 12 November lalu setelah 2022 juga dilaksanakan di Palangka Raya," ujar Presly.

Baca juga: PLN UID Kalselteng listriki 10 desa terpencil di Kalteng
 
Presley menuturkan, PLN melakukan persiapan untuk mendukung kegiatan internasional itu dengan melakukan pembenahan jaringan listrik bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.
 
"Sebelum event dimulai, kami telah melakukan inspeksi pada jaringan, pembenahan instalasi listrik di lokasi-lokasi penting saat gelaran berlangsung tak terkecuali fasilitas penerangan jalan umum," ungkapnya.
 
Dikatakan, PLN pada kegiatan yang berlangsung di Stadion Tuah Pahoe itu menyuplai listrik dari 1 penyulang utama dan 2 penyulang cadangan agar pasokan selama acara tersebut berlangsung dipastikan andal.

Baca juga: PLN hemat Rp4,4 miliar per bulan berkat dedieselisasi 5 sistem ULD
 
Petugas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya dipimpin Manager UP3 Palangka Raya Presly Silaen apel siaga di sekitar Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kalimantan Tengah sebagai persiapan gelaran UCI MTB Eliminator World Championship 2023. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
 
Selain itu, PLN juga menstandbykan satu unit Uninterruptible Power Supply (UPS), satu unit Unit Gardu Bergerak (UGB) serta dua unit mobil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sentuh langsung.
 
“Kami siapkan suplai listrik berlapis dan sistem yang saling terkoneksi, sehingga suplai listrik tetap andal. Jika pun terjadi gangguan insidentil bisa langsung diatasi oleh tim PDKB yang siap siaga,” tutur Presly.
 
PLN menurunkan sebanyak 47 personel termasuk tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) 6 posko siaga yang tersebar di lokasi kegiatan dan sejumlah tempat penting lainnya.

Baca juga: PLN hadirkan 100 persen energi bersih di IKN Nusantara
 
"Kami sangat bangga dan terhormat PLN bisa hadir di acara internasional dan berterima kasih kepada seluruh pihak terutama Pemprov Kalteng, karena bisa turut serta bersama menyelenggarakan acara dengan listrik tanpa kedip," katanya. 
 
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengucapkan terima kasih atas dipercayanya kembali Provinsi Kalteng menjadi tuan rumah kejuaraan dunia yang diikuti puluhan negara tersebut.
 
"Kita berharap acara balap sepeda dunia ini memberikan multiplier effect terhadap pembangunan, baik sektor pariwisata, olahraga sepeda, maupun kegiatan perekonomian lainnya," Edy Pratowo dikutip dari laman Setda.kalteng.co.id.

Baca juga: PLN "Go Live Electric Vehicle for Billing Management" guna turunkan emisi karbon

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023