Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan Nurgita Tiyas menerima penghargaan Wiyata Dharma Utama dari lbu Negara Iriana Joko Widodo karena berkomitmen tinggi terhadap pendidikan usia dini.
 
Penghargaan terhadap satu-satunya daerah di Kalsel yang diberikan kepada Bunda PAUD Nasional 2023 di Mercure Convention Center Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wakil Bupati Resmikan Gedung PAUD Kasih Bunda
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny di Martapura, Rabu, mengatakan penghargaan diberikan kepada istri Bupati Banjar Saidi Mansyur sebagai Bunda PAUD yang memajukan dunia pendidikan di kabupaten itu.
 
"Bunda PAUD Banjar Nurgita Tiyas berhasil mendorong terwujudnya tiga perubahan praktik pembelajaran yakni menghilangkan test Calistung pada PPDB di SD," ujar Liana.
 
Kemudian, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD serta menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak PAUD dan SD dalam implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerahnya.
 
Menurut Liana, peran Bunda PAUD Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas mengelola sumber daya manusia menjadi SDM yang handal menoreh capaian keberhasilan sesuai harapan disamping memiliki peran penting dalam membantu pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan religius.
 
Liana menjelaskan, pendidikan karakter sejak usia dini akan menjadi pondasi untuk anak-anak ke jenjang pendidikan lebih tinggi sehingga Pemkab Banjar terus berupaya untuk mewujudkan PAUD berkualitas.

Baca juga: Silaturrahmi Himpaudi Banjar
 
"Peran Bunda PAUD berupa advokasi sehingga terbentuk regulasi, monitoring, pengawasan, evaluasi terhadap pelaksanaan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan se Kabupaten Banjar," ucap Liana.
 
Dikatakan, Bunda PAUD Banjar juga berperan pada penguatan Peran Forum Komunikasi PAUD ke SD di Kabupaten Banjar dalam gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, menjadi pengawas, penilik, ormit dan Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan.
 
Selanjutnya, Bunda PAUD Banjar juga melakukan komitmen bersama Transisi PAUD/RA ke SD/MI antara Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Agama Banjar.
 
Selain itu, juga telah melaksanakan penandatanganan atas komitmen bersama antara Bunda PAUD Kabupaten Banjar dengan Bunda PAUD kecamatan/kelurahan/desa tentang Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.
 
Kehadiran Bunda PAUD Banjar untuk menerima penghargaan didampingi Kadisdik, Kepala DKISP Banjar M Aidil Basith, Kadis PMD Syahrialludin selaku Pembina TP PKK Banjar, serta Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Banjar.

Baca juga: Bunda PAUD Apresiasi GEBYAR PAUD Astambul

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023