Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah mengapresiasi Gebyar PAUD Kecamatan Astambul dengan berbagai penampilan yang meriah oleh anak-anak peserta gebyar dalam rangka memperingati Hardiknas Tahun 2016.


"Saya percaya para bunda PAUD disini memiliki prinsip – prinsip dasar pembelajaran PAUD, memiliki kompetensi dan memahami tumbuh kembang anak usia dini," kata Hj. Raudatul Wardiyah didampingi  Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nur Gita Tiyas Saidi Mansyur di Astambul, Selasa (10/5).

Hj.Raudatul Wardiyah begitu gembira melihat semua anak PAUD Astambul terdidik dengan baik sehingga membuatnya tidak segan –segan memberi hadiah uang tunai secara langsung kepada para anak peserta Gebyar PAUD Kecamatan Astambul.

Selanjutnya untuk menambah kemeriahan acara, Panitia Gebyar PAUD meminta Bunda  PAUD kabupaten, kecamatan dan desa, serta stakeholder terkait tampil diatas panggung guna turut mendukung pencanangan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (GERNAS MANJUR).

 
“Selamat datang dan kami ucapkan terima kasih kepada Bunda PAUD Kabupaten Banjar beserta rombongan yang bersedia  datang pada Gebyar PAUD di Kecamatan Astambul hari ini,” kata panitia gembira.


Gebyar PAUD yang bertemakan “Menumbuhkembangkan Kreativitas Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Anak PAUD di Kecamatan  Astambul” dimeriahkan penampilan–penampilan dari anak–anak PAUD se-Kecamatan Astambul, seperti mengaji /  hapalan  Al Quran, , seperti yang dibacakan Hasnah (6 thn) yaitu Surat Al Balad.

“Alhamdulillah, Hasnah mampu menghapalnya selama setengah bulan,” ungkap ayahnya yang duduk hadir di tenda hadirin.
Selain itu juga ada pembacaan hapalan sila-sila dan lambang-lambang Pancasila dan pertunjukan Kesenian Madihin dari Anak PAUD Desa Sungai Tuan Ulu, Gazali Rahman, serta pertunjukan drum band dari PAUD Anak – Anak Sejahtera dari Desa Sungai Alat.

Ada juga penampilan tari – tarian dari Anak PAUD Desa Tambak Danau dan yang terakhir ada peragaan Fashion Show busana ramah lingkungan dari Anak PAUD se-Kecamatan Astambul.


Kadisdik Kabupaten Banjar yang diwakili Ibu Erni menyampaikan, Gernas Manjur merupakan MoU dengan KPK. Gerakan ini disinergikan dengan pendidikan yang ada di PAUD.

Gernas Manjur ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk anak PAUD dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini.

Karena itu menurut Erni, Himpaudi Pusat minta semua Himpaudi, termasuk di Kecamatan Astambul, untuk menerapkannya
Mengetahui hal tersebut, Nur Gita Tiyas, S.Pd mengharapkan pembelajaran kejujuran mampu menumbuhkan karakter dan budaya jujur yang akan terus melekat pada jiwa anak dan mereka diterapkan dalam aktivitas mereka sehari-hari.

Camat Astambul H.Sukasto pun mengucapkan banyak – banyak terima kasih kepada Bunda PAUD dan para guru PAUD yang mampu melaksanakan Gebyar PAUD Astambul yang menelan biaya 15 juta rupiah yang pembiayaannya diperoleh dari pengumpulan dana bersama.

H.Sukasto juga menerangkan, Gebyar PAUD ini sebagai penutup dari rangkaian Lomba Lembaga PAUD peduli lingkungan (25-27 April 2016), Lomba lembaga menuju akreditasi PAUD (25-27 April 2016) yang diikuti 20 lembaga PAUD, Lomba kreativitas pendidik (36 orang) dalam pembuatan busana ramah lingkungan pada peragaan Fashion Show anak PAUD (36 orang), dan Festival mewarna yang diikuti 315 orang anak.

Seusai membagikan hadiah dan piala kepada para pemenang dan Juara Umum kepada PAUD Anak Sejahtera (Jl. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Desa Sungai Alat, Astambul) yang paginya baru dikunjungi, akhirnya Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj. Raudatul Wardiyah menyatakan Gebyar PAUD Himpaudi Kecamatan Astambul dinyatakan resmi ditutup.(ari/welson/F)

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016