Sebanyak 2180 siswa Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan mengikuti khataman massal Al-Quranyang digelar di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU Jumadi, menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat membekali para siswa/siswi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an.

“Dengan adanya kegiatan khataman Al Quran ini, para siswa/siswi dapat menjadikannya sebagai pedoman dalam menjalankan nilai-nilai kehidupan mereka sehari-hari dan terhindar dari hal-hal yang negatif,” kata Jumadi di HSU, Jumat.

Baca juga: Dinkes HSU sediakan layanan reaksi cepat 24 jam

Selain itu Jumadi juga berharap, pada lingkungan sekolah khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini tidak ada lagi perundungan atau bully di kalangan para siswa SD, SMP dan SMA.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) HSU Bunyamin, memberikan apresiasinya atas terlaksananya khataman Al-Qur’an tingkat SD se Kabupaten HSU.

Menurut Bunyamin, khataman Al-Qur’an massal ini merupakan pencapaian luar biasa, yang mana para siswa/siswi tampak semangat dan antusias dalam belajar Al-Qur’an.

Baca juga: HSU catat hasil produksi padi hingga Oktober capai 33.062 ton

Namun perlu diingat mencintai Al-Qur’an tidak hanya ditunjukkan melalui kata-kata, tetapi juga melalui pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Jumadi menambahkan, kegiatan ini akan mendorong para siswa/siswi untuk menjadi lebih giat dalam belajar dan mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

"Acara ini (khataman Al-Qur’an) adalah momentum penting untuk mengapresiasi kerja keras dan dedikasi anak-anak kita dalam mengkhatamkan Al-Qur’an," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, adapun khataman Al-Qur’an ini adalah persyaratan wajib bagi para siswa/siswi kelas enam sekolah dasar yang ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya.

Baca juga: Pemkab HSU laksanakan Gernas ketahanan pangan pada HUT ke-78 TNI

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023