Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan melaksanakan Gerakan Nasional (Gernas) ketahanan pangan panen padi di Desa Babirik Hulu, Kecamatan Babirik, Kabupaten HSU pada rangkaian HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Alhamdulillah, kita dapat kembali panen dan menanam lagi, bagi saya tidak ada musim apapun untuk panen dan menanam ini tergantung kita dalam bersyukur atau tidak,” kata Pj Bupati HSU Zakly Asswan di HSU, Rabu.

Baca juga: Pemkab HSU Kalsel bangun 160 rumah program RTLH 2024

Zakly menuturkan yang penting semuanya harus bersyukur karena di daerah ini apapun serba ada, tanahnya pun subur sekali untuk menanam apa saja.

Pj Bupati HSU melanjutkan saat musim kemarau panjang ini, di HSU tidak berlaku untuk menggagalkan panen padi milik petani karena adanya kekeringan juga turut memberikan dampak terhadap keberhasilan di sektor pertanian.

“Meski saat kemarau, keberadaan lahan lebak yang ada di wilayah HSU ini justru bisa memberikan hasil panen padi yang cukup bagus bahkan sampai beberapa kali menanam dan panen karena di HSU didominasi lahan lebak yang mencapai 90 persen,” ujar Zakly.

Menurut Zakly, Gernas ketahanan pangan juga menjadi tonggak yang sangat penting dalam upaya mengatasi perubahan iklim dengan menjadikan pertanian lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca juga: Baznas dan relawan gabungan HSU kumpulkan dana untuk Palestina

Zakly terus menambahkan, melalui Gernas ketahanan pangan ini semua pihak memiliki peluang untuk mendukung para petani terutama dalam berinovasi hingga meningkatkan produktivitas.

Terpisah, Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja saat dikonfirmasi, mengungkapkan kegiatan ini sangat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat HSU di Desa Babirik Hulu karena dapat kembali melaksanakan tanam kedua dan panen pertama.

“Semoga untuk panen dan tanam kali ini tidak ada halangan bagi para petani, serta para petani dapat terus memanen dan memproduksi padi lebih banyak lagi nantinya,” ungkap Dandim.

Baca juga: Kemenag HSU tekankan pemahaman pola parenting mendidik anak

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023