Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan layanan reaksi cepat Public Safety Center (PSC) untuk medis gawat darurat bagi masyarakat.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinkes Hulu Sungai Utara Aberanie di HSU, Jumat, mengatakan layanan ini difungsikan untuk memberikan pelayanan gawat darurat secara cepat dan tepat bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab HSU dorong pemuda jadi agen perubahan menjaga NKRI

PSC menjadi bagian utama dari rangkaian kegiatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) prafasilitas pelayanan kesehatan yang berfungsi melakukan pelayanan kegawatdaruratan.

"Membuat PSC awalanya karena terkait masalah kegawatdaruratan, selama ini kan banyak kasus-kasus terjadi di daerah kita terutama kecelakaan atau orang sakit,” kata Aberanie.

Aberanie menjelaskan melalui aplikasi Call Center 119 atau dengan menelepon nomor 081350699119, layanan tim reaksi cepat yang berlokasi di Jl. H. Kurdi Yusni No.066, Kelurahan Sungai Malang, melayani satu kali 24 jam untuk masyarakat yang memerlukan bantuan medis gawat darurat.

Baca juga: Puluhan pelajar gelar aksi bersihkan sampah di Pasar Amuntai

“Bagi masyarakat jika membutuhkan bantuan dari PSC langsung hubungi nomor yang tertera, dan yang paling penting juga tidak dipungut biaya apapun," jelas Aberanie.

Sementara itu Sekretaris PSC Muhammad Ichsan, menyebutkan pihaknya mengirimkan tim ambulan untuk menjemput pasien sambil memberikan pertolongan pertama, lalu pasien akan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Selain program kegawatdaruratan, petugas PSC juga selalu siap membantu pelayanan non emergency.

"Sekitar 20 panggilan dari masyarakat perbulannya, baik itu emergency dan non emergency,” tutupnya.

Baca juga: Pj Bupati Hulu Sungai Utara minta 1.069 BPD awasi pembangunan desa

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023