Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj Rachmah Norlias atau yang akrab dengan sapaan Ibu Amah menyasar warga Kelurahan Sungai Jingah dan Surgi Mufti Banjarmasin saat reses hari pertama.

"Beragam aspirasi warga mereka sampaikan seperti masalah terkait sosial kemasyarakatan dan sosial ekonomi," ujar wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut di Banjarmasin, Kamis malam.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin itu mengungkapkan, aspirasi warga terkait sosial ekonomi seperti meminta pelatihan singkat untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tujuan pelatihan terkait UMKM dari kelompok ibu-ibu pengajian tersebut guna menunjang ekonomi keluarga, ungkap Rachmah.

Selain itu, ada pula aspirasi terkait infrastruktur berupa perbaikan fasilitas umum (fasum), seperti misalnya kamar mandi umum dan jalan masuk di area Kubah Sungai Jingah guna lebih memudahkan peziarah.

"Ada pula yang mengusulkan peningkatan program bedah rumah terutama buat mereka yang kurang mampu," lanjut Rachmah.
 
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Hj Rachmah Norlias saat reses hari pertama menemui masyarakat Kelurahan Sungai Jingah dan Surgi Mufti Banjarmasin, Kamis (2/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)


Menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, "Srikandi" Partai Amanat Nasional (PAN) itu berjanji akan meneruskan kepada pihak berkompeten, memasukkan ke dalam pokok-pokok pikiran (pokir) Dewan dan akan ditindaklanjuti sesuai kewenangan serta kemampuan keuangan daerah.

"Dalam pokir Dewan tersebut sudah tentu akan kita pilah; mana kewenangan pusat ,pemerintah provinsi (Pemprov) dan pemerintah kabupaten/kota (Pemkab/Pemkot," tutur Rachmah.

Anggota DPRD Kalsel melakukan reses untuk kembali menyerap aspirasi konstituen di daerah pemilihannya pada sidang III mulai 2-9 November 2023.
 
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Hj Rachmah Norlias saat reses hari pertama menemui masyarakat Kelurahan Sungai Jingah dan Surgi Mufti Banjarmasin, Kamis (2/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023