Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mendampingi penyaluran bantuan 9.540 kilogram beras dari Kementerian Sosial Republik Indonesia di Kecamatan Batumandi.

“Dari total 9.540 kilogram beras, terdiri dari 954 karung beras yang setiap karungnya berisi 10 kilogram beras,” kata petugas pendamping Kecamatan Batumandi Randiani di Balangan, Jumat.

Baca juga: PKK Balangan salurkan beras bantuan bagi korban banjir

Randiani menuturkan bantuan penyaluran bantuan beras dari Kemensos bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas), serta Perum Bulog yang disalurkan ke semua desa di Kecamatan Batumandi.

Randiani melanjutkan pendampingan untuk penyaluran bantuan beras di Kecamatan Batumandi tersebar pada 18 desa yang menerima bantuan.

Selain itu ujar Randiani, bantuan beras ini sudah masuk tahap kedua, sebelumnya tahap pertama dilakukan pada September lalu.

“Ini sudah masuk tahap kedua penyaluran bantuan beras yang kita dampingi, yang mana tahap pertama lalu telah dilaksanakan pada September 2023,” ujarnya.

Baca juga: BNPB berikan bantuan perahu untuk Kecamatan Juai

Randi berharap bantuan yang telah disalurkan, bisa bermanfaat dan membantu para penerima untuk memenuhi kebutuhan pangan terutama beras.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, saat dikutip dari laman Badan Pangan mengatakan penyaluran bantuan beras tersebut sudah dimulai pada Senin kemarin lalu.

"Bulog akan mendistribusikan bantuan pangan beras kepada 21,353 juta KPM selama tiga bulan ke depan," kata Arief.

Menurut Arief, penyaluran bansos beras tersebut, dilakukan sebagai langkah intervensi pemerintah agar harga beras dapat kembali stabil.

Baca juga: LBH Borneo Nusantara imbau warga waspada penipuan gunakan file APK

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023