Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan sejumlah perahu untuk Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan melalui anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha di halaman kantor Kecamatan Juai.

“Terkait bantuan ini kami (Pemerintah Daerah) sangat berterima kasih kepada BNPB melalui anggota DPR RI, karena telah memberikan bantuan berupa perahu ini,” kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Balangan, Kamis.

Abdul Hadi menuturkan tentunya bantuan perahu ini sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi warga Kecamatan Juai, mengingat hampir setiap tahun di Kecamatan Juai selalu terjadi musibah banjir.

Bupati melanjutkan, bantuan perahu ini sangat tepat sasaran dan juga sangat diperlukan oleh masyarakat Kecamatan Juai, karena kalau banjir akses jalan dari Desa Mungkur Uyam menuju beberapa desa lainnya terputus sehingga perlu adanya perahu untuk evakuasi.

"Ini sangat diperlukan sekali dan pasti digunakan bagi warga kami di Kecamatan Juai, khusunya ketika terjadi musibah banjir," ucap bupati.

Sementara itu anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha, menyebut jumlah perahu untuk penanggulangan banjir yang diberikan BNPB di Indonesia hanya sebanyak lima unit, tiga di antaranya diserahkan ke Provinsi Kalsel dan dua sisanya untuk provinsi lain.

Dengan adanya bantuan yang telah diberikan ini, Syaifullah Tamliha berharap perahu tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk masyarakat Kecamatan Juai khususnya di Desa Mungkur Uyam.

Diketahui, pada penyerahan bantuan perahu tersebut juga dihadiri oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan beserta jajaran.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023