Plt Kepala Dinas Pemuda, Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin Madyan menyampaikan, gelar Kemilau Banjarmasin Bungas di sungai Martapura sukses mendatangkan ribuan pengunjung pada Sabtu malam tadi.
 
"Karena Siring Sungai Martapura di jalan Piare Tendean dan jalan Sudirman penuh sesak masyarakat datang," ujarnya di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Ibnu Sina sampaikan kemajuan Banjarmasin pada puncak peringatan Harjad ke-497
 
Menurut dia, kedua Siring Sungai Martapura yang berseberangan tersebut memudahkan masyarakat untuk menyaksikan festival jukung hias atau kelotok hias Tanglong di sungai tersebut.
 
Dinyatakan dia, kemeriahan tersebut digelar dalam rangkaian peringatan hari jadi (Harjad) ke-497 Kota Banjarmasin yang tepat jatuhnya pada 24 September 2023.
 
Selain untuk memeriahkan Harjad, ungkap Madyan, gelar ini juga sebagai bagian saya tarik pariwisata Kota Banjarmasin, yakni, ikon sungai Martapura dan kebudayaan jukung hiasnya (jukung adalah sampan).
 
Menurut dia, gelar ini dipromosikan jauh hari, sehingga banyak pengunjung yang datang, tidak hanya lokal Banjarmasin, namun juga luar kota.

Baca juga: Banjarmasin gelar pekan raya untuk meriahkan Harjad ke-497
 
Sebab, ungkap dia, gelar ini juga dimeriahkan pertunjukan seni budaya, dan penampilan artis jebolan Indonesian idol, Salma Salsabil.
 
"Sehingga luar biasa antusias masyarakat menyaksikan gelar ini, ini merupakan salah satu event andalan Kota Banjarmasin dalam promosi pariwisata," ujarnya.
 
Sebab Kota Banjarmasin, tidak hanya sebagai kota datang dan jasa, namun juga pariwisata sebagai kota seribu sungai dan kota penuh sejarah yang lebih tua satu tahun dari ibukota Jakarta.
 
"Jadi event berbasis sungai ini terus dilakukan demi meningkatkan kunjungan wisata," tuturnya.
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dalam rilis resminya, Minggu, menyampaikan, berterima kasih banyak kepada warga Kota Banjarmasin yang sudah dengan sangat-sangat sabar menyaksikan gelar Kemilau Banjarmasin Bungas tersebut.
 
Selain itu, Ia juga berterima kasih kepada Salma Salsabil, Indonesian Idol, dengan perfomanya tersebut sudah bisa menghibur warga kota dan penggemar Salma di Kota Banjarmasin bahkan dari Provinsi tetangga juga datang berhadir. 
 
"Saya memantau tadi dari tayangan youtube kita di media center kota itu hampir 8.400 yang nonton musik pada event Kemilau Banjarmasin Bungas tersebut," ujarnya.
 
Dia mengatakan, ternyata warga Kota Banjarmasin banyak sekali yang menonton live streaming mau pun yang datang langsung ketempat di Siring Menara Pandang Banjarmasin.
 
"Semoga ini menjadi hiburan bagi warga kota dan kemeriahan hari jadi ke-497 dengan tema "Banjarmasin Baiman adalah Kita" dan intinya adalah untuk menghidupkan kearifan lokal kita," demikian kata Ibnu Sina.

Baca juga: Ribuan warga ikuti rangkaian Harjad ke-497 Kota Banjarmasin
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023