Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar Pekan Raya Banjarmasin yang diikuti ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memeriahkan hari jadi (Harjad) ke-497 kota setempat pada 2023.
 
Pekan Raya Banjarmasin resmi dibuka Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi wakilnya H Arifin Noor di kawasan Menara Pandang Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, Banjarmasin Tengah, Jumat.
 
Pekan Raya Banjarmasin yang digelar Dinas Koperasi UMK dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin ini dijadwalkan berlangsung dari 22--24 September 2023, dibuka umum untuk masyarakat.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan, kegiatan ini selain memeriahkan Harjad ke-497 tepat pada 24 September 2013, juga upaya Pemkot membangkitkan ekonomi dan pelaku UMKM
 
"Termasuk para pelaku yang sudah bagus produk-produknya di kawal Inkubator, kabupaten/kota dan juga binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)," ujarnya.
 
Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten/kota yang telah hadir di stand Pekan Raya Banjarmasin. 
 
Karena bagi Ibnu Sina yang paling penting dari kegiatan ini adalah mempertemukan antara pelaku usaha dengan UMKM. 
 
"Mungkin juga bukan hanya cash and carry tetapi bisa berlanjut apakah ke investasi, produk mau dikembangkan, melihat peluang pasar yang bagus," ujarnya.
 
Ditarget, ujar dia, nilai transaksi selama kegiatan ini sebesar Rp500 juta. 
 
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor yang ikut berkeliling meninjau stand UMKM di Pekan Raya Banjarmasin tersebut membeli beberapa produk.
 
"Kita beli produk sasirangan, makanan dan minuman yang dijual UMKM di sini. Tentu kita dukung program Kawal Inkubator dari Dinas Koperasi Banjarmasin," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, banyak produk UMKM di kotanya yang sudah bagus kualitasnya, hingga patut untuk dipasarkan ke nasional maupun luar negeri.
Pembukaan Pekan Raya Banjarmasin di kawasan Menara Pandang Siring Sungai Martapura, Jumat. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023