Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina menyampaikan kemajuan kota yang dipimpinnya pada puncak peringatan hari jadi (Harjad) ke-497 kota tersebut tahun 2023.
 
Harjad Kota Banjarmasin yang diperingati setiap tanggal 24 September 1526--2023, pada tahun ini digelar puncaknya di halaman Balaikota Banjarmasin di Jalan RE Martadinata dengan berbagai kemeriahan pada Sabtu.
 
Hadir berbagai lapisan masyarakat mengenakan pakaian batik khas Kalimantan, yakni, Sasirangan, diantaranya perwakilan Gubernur Kalsel, bupati/wali kota se-Kalsel, anggota DPR RI Sultan Khairun Saleh dan Syaifullah Tamliha, anggota DPD RI Gusti Farid Hasan Aman dan Habib Hamid Abdullah.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Wakilnya H Arifin Noor juga menyapa sejumlah tamu kehormatan lainnya selain seluruh anggota DPRD kota setempat, unsur Forkopimda serta tokoh masyarakat, agama dan tokoh adat.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan, bahwa di usia kotanya yang kini sudah menginjak 497 tahun, lebih tua satu tahun dari Kota Jakarta, berbagai kemajuan telah dipersembahkan dalam kepemimpinannya dengan slogan "Banjarmasin Baiman".
 
Menurut dia, pada periode kedua kepemimpinan bersama H Arifin Noor ini hingga 2024, dengan 20 program unggulan, saat ini sudah hampir menyelesaikan janji-janji politik dengan mengusung misi Banjarmasin Barasih wan nyaman (Baiman) dan lebih bermartabat.
 
Terutama, ungkap dia, tiga program prioritas yang ingin dicapai pemerintahannya hingga 2024, yakni, pertama adalah revitalisasi sungai.
 
"Untuk pengembangan wisata, untuk pengembangan transportasi dan untuk pengendalian banjir," ucap Ibnu Sina.
 
Ketiga sektor ini, lanjut dia, sudah dijalankan hingga progresnya diharapkan terus didukung semua pihak, termasuk pihak DPRD setempat, unsur Forkopimda dan masyarakat umumnya.
 
Karena Kota Banjarmasin mengusung misi pariwisata berbasis sungai, dengan ikonnya sungai Martapura, selain itu pengembangan transportasi yang terintegrasi darat dan sungai, yakni, adanya trans Banjarmasin yang terhubung juga dengan dermaga transportasi sungai.
 
"Untuk pengendalian banjir, kita terus melakukan perbaikan, pengerukan hingga pelestarian aliran sungai, karena kota ini dikenal kota seribu sungai," ujarnya.
 
Sedangkan program prioritas kedua, kata Ibnu Sina, adalah melahirkan wira usaha baru yang berbasis UMKM hingga kini sudah mencapai 3.900 lebih yang sudah berhasil dibina.
 
"Program ini disport permodalan olah Bank Kalsel lewat program Pemkot yang dinamakan Bahuma (bausaha tanpa bunga)," ujarnya.
 
Kemudian program prioritas terakhir, kata Ibnu Sina, adalah pelayanan publik yang cepat dan mudah dengan berbasis pada program smart city atau kota pintar.
 
"Alhamdulillah, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terus naik yang luar biasa," ucap dia.
 
Karena, tegas Ibnu Sina, dalam pemerintahannya mengedepankan prinsip pelayanan, kalau bisa dipercepat, kenapa harus diperlambat, kalau bisa dipermudah jangan dipersulit dan kalau bisa selesai hari ini jangan ditunda hingga besok.
 
"Karena tidak lagi masanya berbelit dan lama, semua harus merasa mudah dan cepat," ujarnya.
 
Kemudian, kata Ibnu Sina, sesuai tema Harjad ke-497 tahun 2023 ini, yakni, "Banjarmasin Baiman adalah kita" semua harus bisa merawatnya, karenanya buang semua permusuhan dan fitnah segalanya.
 
Dia pun menyampaikan dua pesan pejuang nasional dari Kalsel, yakni, Pangeran Antasari, pertama "Haram manyarah Waja sampai keputing, dalas balangsar dada" dengan artian perjuangan yang tidak kenal menyerahkan dengan tekad mengejar sampai akhir, sampai titik darah penghabisan.
 
Sedangkan yang kedua, pesan Pangeran Antasari adalah "Jangan bacakut papadaan lamun kada handak tanah banyu kita dilincai urang" dengan artian, jangan saling berselisih paham, gontok-gontokan, kalau kita tidak ingin negeri ini diinjak-injak orang asing.
 
"Karenanya kita syukuri semua yang sudah diberikan Allah SWT kepada kita semua ini," ujarnya.
 
Dalam puncak peringatan Harjad ke-497 Kota Banjarmasin tersebut, ditampilkan berbagai seni budaya Banjar hingga kuliner khas daerah yang bisa disantap gratis oleh warga.
Tamu yang hadir pada peringatan puncak Harjad ke-497 tahun 2023 di panggung depan Balaikota Banjarmasin, Sabtu. (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023