Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin atau yang akrab dengan sapaan Bang Dhin berpendapat, pemerintah provinsi (Pemprov) setempat perlu memiliki bank data.

"Bank data tersebut terutama terkait riset dan inovasi daerah, karena kontribusinya memegang peranan penting serta akan sangat mempengaruhi perkembangan keberhasilan dalam membangun masyarakat di daerah," ujar Bang Dhin dalam keterangan persnya di Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, kunci meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat terletak dari bagaimana perencanaan dan pelaksanaan program strategis melalui penelitian secara mendalam terhadap potensi pembangunan pada suatu wilayah. 

Semua hasil penelitian tersebut terolah dalam bentuk bank data, ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu.

Politikus muda yang cukup energik dan visioner itu menambahkan, bahwa mengingat pentingnya riset dan inovasi daerah terus mendapat perhatian pemerintah daerah setempat.

Menurut wakil rakyat yang bergelar sarjana ekonomi dan magister administrasi publik  (SE & MAP)  itu, Pemprov sudah semestinya gencar melakukan riset atau penelitian guna meningkatkan daya saing dan kemajuan daerah yang berdampak pada nilai tambah optimal bagi perekonomian masyarakat. 

Ia menegaskan, perencanaan strategis pemerintahan daerah harus berbasiskan riset, kemudian tertuang menjadi suatu kebijakan dan program pembangunan. 

”Oleh karenanya Pemprov Kalsel  terus kita dorong untuk gencar melakukan riset agar kemudian menjadi suatu landasan inovasi daerah. Ke depan optimalisasi riset yang betumbuh saya harapkan dapat terkompilasi dalam suatu sistem atau mungkin Bank Data.” harapnya.

DPRD Kalsel sekarang sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Riset dan Inovasi Daerah, atas usulan Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang diketuai H Sahrujani

”Muatan norma di dalam Raperda tersebut harus mengakomodir perwujudan riset dan penguatan inovasi daerah yang dilakukan melalui penataan daya dukung unsur organisasi, kerangka regulasi, dan internalisasi budaya inovasi.” demikian Bang Dhin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023