Bupati Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani memerintahkan PT Air Minum Tabalong Bersinar menyalurkan air ke Desa Padangin dan Desa Madang Kecamatan Muara Harus guna mencegah kasus stunting atau gagal tumbuh kembang pada anak.

"Sebagai penanganan sementara bantu suplai air bersih ke Desa Padangin dan Desa Madang agar mendukung penanganan stunting," ucap Anang di Tabalong, Selasa.

Baca juga: BKKBN Kalsel puji keberhasilan Tabalong tekan angka stunting

Instruksi Anang itu terkait dengan pernyataan Camat Muara Harus Adityapula Nugraha yang mengatakan angka stunting masih tinggi di Desa Padangin dan Desa Madang karena ketersediaan sarana sanitasi air bersih belum optimal.

"Di Desa Padangin dan Desa Madang angka stunting capai 13,1 persen, cukup tinggi dibanding desa lainnya," tutur Adityapula.

Di hadapan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong Mawardi saat kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Harus, Aditya mengharapkan bantuan pembangunan jaringan perpipaan untuk penyaluran air bersih.

Saat ini, warga Desa Padangin dan Desa Madang memanfaatkan air sungai untuk keperluan mandi, mencuci hingga masak.

Baca juga: TNI Integrated Clean Water targets 10 villages in Tabalong

Saat musim kemarau air sungai terkadang berubah warna menjadi hitam dan berbau, namun warga tetap memanfaatkan air tersebut untuk keperluan sehari-hari.

"Sejak 2018 kita sudah mengusulkan jaringan PDAM namun hingga saat ini belum terealisasi," tutur salah satu perangkat Desa Padangin Wahyu 

Untuk angka prevalensi stunting di Kabupaten Tabalong mencapai 7,2 persen turun dibanding tahun sebelumnya sebesar 7,8 persen.

Kabupaten Tabalong pun meraih predikat terbaik pada penilaian kinerja delapan aksi konvergensi penurunan stunting pada 2022.

Baca juga: Prevalensi stunting 2023 di Tabalong 7,2 persen

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023