Wira usaha di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menerima dana hibah kompetitif (HK) dari program youth enterpreneurship and employment support service (YESS) periode 2023 kepada wirausaha muda di bidang pertanian.

"Sebanyak 31 pemuda tani di Tanah Bumbu terima hibah, masing-masing mendapatkan Rp25 juta, Rp47 juta dan Rp50 juta. semuanya disesuaikan dengan usaha yang ditekuni," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar, di Batulicin Kamis.

Ia mengatakan, program YESS ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia tua.

Baca juga: Tanah Bumbu gencarkan program "YESS"

Pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penyerahan bantuan program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023.

Melalui dana hibah tersebut, bupati berharap agar dana yang diterima dapat menjadi modal utama dalam pembangunan pertanian.

"Gunakan dana hibah tersebut sebaik-baiknya," pinta Bupati.

Dia juga mengajak pemuda tani penerima hibah agar terus menambah wawasan sesuai dengan bidang yang di tekuni.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu Hairuddin mengatakan program YESS merupakan program pengembangan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.

Baca juga: Wirausaha muda Tanah Bumbu terima dana hibah melalui program "YESS"

"Program ini untuk menciptakan lapangan kerja bagi pemuda di pedesaan melalui penumbuhan wirausaha atau pencarian kerja di sektor pertanian," katanya.

Hibah kompetitif periode 2023 ada 31 orang atau pemuda tani milenial di Tanah Bumbu dengan total keseluruhan dana mencapai Rp964.550.000.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023