Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. M Zairullah Azhar menyerahkan bantuan dana hibah kompetitif (HK) dari program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) periode 2022 kepada wirausaha muda di bidang pertanian.

"Program YESS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian RI dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang dirancang untuk menghasilkan wirausaha muda atau petani milenial," Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanaha Bumbu, Andi Anwar Sadat di Batulicin Rabu.

Tahun ini, wirausaha yang menerima HK sebanyak 14 dari ratusan proposal yang masuk dan telah melalui tahap verifikasi.

"Nominal bantuan yang disalurkan jumlahnya bervariasi, ada yang Rp25 juta, Rp47 juta dan Rp50 juta. semuanya disesuaikan dengan usaha yang ditekuni," ujarnya.

Ia mengatakan, program yess ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia tua.

Harapannya dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan yang menekuni bidang pertanian sehingga tercipta wirausaha pertanian dari kalangan milenial sehingga berdampak pada produksi pertanian di Bumi Bersujud.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022