Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, gencar melaksanakan program "Youth Entrepreneur and employment Support Services (YESS) guna mengenalkan produk pertanian di "Bumi Bersujud".

"Banyak pihak yang terlibat dalam program ini salah satunya Lazis Assalam Fil Alamin Kalimantan Selatan dan beberapa SMK di Tanah Bumbu," kata Project Manager PPIU Kalsel program YESS, Angga Aditia Permana di Batulicin Jumat.

Baca juga: Bupati Tapin : Jangan terjadi lagi karhutla lahap pertanian

Dia mengatakan, sasaran dari program ini ada kalangan muda seperti mahasiswa dan pelajar agar mereka tergugah untuk menumbuhkan kecintaan terhadap dunia pertanian khususnya bagi pemuda atau millenial.

Program YESS merupakan program dari Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) guna melahirkan wirausahawan muda di bidang pertanian.

Sementara itu  Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar mengutarakan bahwa, pemerintah kabupaten pada periode 2022 telah menyerahkan bantuan dana Hibah Kompetitif (HK) dari program (YESS) periode 2022 kepada wirausaha muda di bidang pertanian.

Baca juga: Karantina Pertanian perkuat biosekuriti hewan jelang Idul Adha

Tahun ini, wirausaha yang menerima HK sebanyak 14 proposal dari ratusan proposal yang masuk dan telah melalui tahap verifikasi.

"Nominal bantuan yang disalurkan jumlahnya bervariasi, ada yang Rp25 juta, Rp47 juta dan Rp50 juta. semuanya disesuaikan dengan usaha yang ditekuni," ujarnya.

Ia mengatakan, program YESS ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia tua.

Harapannya dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan yang menekuni bidang pertanian sehingga tercipta wirausaha pertanian dari kalangan milenial sehingga berdampak pada produksi pertanian di Bumi Bersujud.

Baca juga: Mentan bagikan 4 ton benih padi antisipasi kekeringan karena El Nino

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023