Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) H Akhmad Fahmi (HAF) menyampaikan pihaknya siap bersinergi dan mendukung penghijauan untuk program "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini" yang dilaksanakan Polres HSS.

"Kami mengapresiasi penanaman pohon penghijauan yang merupakan program "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini", dilakukan secara serentak di Indonesia, termasuk di Kabupaten HSS," kata HAF dalam keterangan,di Halamau, Rabu.

Menurut dia, penghijauan ini sangat penting dilakukan, salah satunya diketahui karena polusi banyak disebabkan musim kemarau yang panjang saat ini.

Baca juga: Pria paruh baya pelaku pembunuhan di Tawia HSS menyerahkan diri

Dengan penanaman berbagai pohon penghijauan ini akan sangat membantu mencegah polusi udara, serta akan berdampak positif dalam peningkatan kualitas udara menjadi lebih segar.

"Selain itu, dengan banyaknya pohon yang ditanam akan bisa menurunkan suhu, sehingga akan lebih terasa sejuk dan nyaman, bermanfaat bagi kesehatan serta pelestarian lingkungan secara berkelanjutan," ujarnya.

Dalam kegiatan program tersebut, Ketua DPRD HSS terlibat melakukan penanaman pohon penghijauan yang dilakukan Polres HSS secara simbolis di kawasan Islamic Center HSS di Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

Baca juga: Polisi amankan pelaku penggelapan ranmor milik warga HSS

Diberitakan sebelumnya, Polres HSS melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak 3.100 bibit pohon beragam jenis, dengan tujuan melestarikan negeri di empat titik lokasi berbeda, di wilayah Kabupaten HSS.

Jenis bibit pohon untuk penghijauan terdiri trambesi, mahoni, bungur, durian, jambu, sirsak, mangga, alpukat, sampai kelengkeng ini di tanam di kawasan Islamic Center HSS, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

Kemudian, di area Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Firdaus Dusun Pagar Haur Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung, halaman Masjid Ponpes Ibnu Masud Desa Ida Manggala, Sungai Raya, dan di Ponpes Baladul Amin, Desa Mandala, Telaga Langsat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023