Khatib Ustadz H Jazuli dalam khutbahnya di Masjid Su'ada Desa Aluan Mati yang berada di pinggiran Pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan bodoh mereka yang tamak dunia.

"Karena dunia ini fana atau versi sementara. Sedangkan kehidupan yang sebenarnya adalah alan akhirat," ujar Ustadz Jazuli dalam khutbahnya di Masjid Desa Aluan Mati Kecamatan Batu Benawa tersebut sebelum Shalat Jumat.

Alumnus "Darul Musthafa" Hadramaut Yaman tersebut mengatakan, dunia yang fana ini hanya sebagai gurauan atau tempat main-main.

"Bahkan dunia ini rendah dan hina di sisi Allah SWT," tegas khatib Jazuli - putra daerah setempat mengutip salah satu fiman Nya dalam Al Qur'an.

Ia menambahkan, bahwa dunia bagi orang tidak memiliki tempat sebagaimana hadits Rasulullah Muhammad Saw riwayat Ahmad.
Khatib Ustadz H Jazuli saat khutbah di Masjid Su'ada Desa Aluan Mati - pinggiran Pegunungan Meratus Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel sebelum Shalat Jumat (18/8/23). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

"Namun dunia sebagai jembatan untuk menuju akhirat atau kehidupan yang sebenarnya," demikian Jazuli dalam khutbah pertama berdorasi kurang lima menit.

Sebelumnya atau sebagaimana khutbah pada umumnya, khatib mengajak kaum Muslim terutama jamaah shalat Jum'at untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa.

Sebab iman dan taqwa itulah bekal yang sebenarnya di alam akhirat kelak.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023