Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar sosialisasi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, dengan narasumber dari Komisi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (KASN RI).

Sosialisasi ini dibuka Bupati HSS H. Achmad Fikry yang hadir didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) HSS H. Muhammad Noor, di Aula Crystal Hotel Fugo, Banjarmasin.

"Saya berharap sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman yang jelas bagi seluruh peserta," kata Fikry dalam sambutan, mengutip pers release Diskominfo HSS, Rabu.

Baca juga: Pemkab HSS canangkan gerakan pembagian dan pengibaran bendera Merah Putih

Dijelaskan dia, hal ini untuk proses pengisian jabatan agar dapat berlangsung dengan lancar, objektif, dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk melayani masyarakat di Kabupaten HSS.

Begitupun nantinya saat berakhir jabatan dirinya sebagai bupati, semua jabatan yang kosong itu bisa terisi, serta sosialisasi supaya dapat diberikan berbagai informasi dalam peningkatan kualitas kerja jajaran pimpinan tinggi pratama.

Narasumber sosialisasi IGN. A. Y. Endrawan, menyampaikan materi tentang regulasi dan pedoman pengisian JPT pratama secara lengkap.

Dia juga memberikan penjelasan mendalam mengenai kriteria, tata cara seleksi, serta penilaian terhadap calon-calon yang akan mengisi jabatan tersebut.

“Orang-orang yang terpilih ini harus mempunyai kinerja yang baik, supaya ada suatu reward dan punishment serta harus adil dan wajar,” tutur Endrawan.

Baca juga: Inovasi Telat Berkemas Pemkab HSS tingkatkan peran aktif pokwasmas

Diketahui tujuan sosialisasi bagian dari upaya Pemkab HSS untuk menjalankan proses pengisian JPT Pratama, yang transparan, berintegritas, dan berkompeten.

Melalui sosialisasi, diharapkan calon-calon yang potensial akan lebih memahami prosedur dan kualifikasi yang diperlukan, serta pejabat yang terpilih dapat memimpin dan memotivasi para ASN di unit kerjanya.

Selain itu, sosialisasi juga menjadi wadah bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi, terkait proses pengisian jabatan, tugas dan tanggung jawab, serta tantangan yang dihadapi oleh pimpinan tinggi pratama di Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023