Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS) menggelar Apel Hari Kesadaran Nasional, dirangkai dengan pencanangan gerakan pembagian dan pengibaran bendera Merah Putih menyambut peringatan HUT ke-78 Proklamasi RI.

Pencanangan ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada pejabat pimpinan tinggi pratama, untuk nantinya dapat dijadikan contoh kepada masyarakat, sehingga Sang Saka Merah Putih akan berkibar di seluruh penjuru HSS.

Baca juga: Inovasi Telat Berkemas Pemkab HSS tingkatkan peran aktif pokwasmas

"Dengan kita serahkan bendera Merah Putih ini secara simbolis, kiranya para pejabat diharapkan dapat menjadi contoh," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, gerakan dilakukan secara berjenjang juga kepada para camat dan kepala desa untuk turut mendorong, walaupun rata-rata masyarakat sekarang sudah mempunyai bendera Merah Putih.

Pihaknya akan melihat perkembangan, kalau nanti ada masyarakat yang butuh bendera akan difasilitasi, dan untuk hari ini dicanangkan kepada para pejabat agar ASN menjadi contoh untuk masyarakat.

Baca juga: Ombudsman RI: MPP HSS jadi contoh pemkab lain

"Kami juga menghimbau agar masyarakat dapat mengarahkan kegiatan-kegiatan positif dalam memeriahkan peringatan 17 Agustus tahun ini," ujar Fikry.

Ditambahkan dia, hari kemerdekaan itu milik bersama bukan milik pemerintah, jadi pihaknya mempersilahkan masyarakat punya kreatifitas dan inovasi, tapi tetap secara terkoordinir dengan adanya panitia.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023