Sejumlah warga binaan terlibat pada perlombaan pekan olahraga dan seni (Porseni), guna mengasah kreatifitas bersama para pegawai di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
 
Kepala Lapas IIB Banjarbaru Amico Balalembang melalui keterangan tertulis di Kota Banjarbaru, Selasa mengatakan, Porseni digelar dalam rangka memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kemenkumham dan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Baca juga: Lapas Banjarbaru hadirkan keluarga warga binaan peserta rehabilitasi sosial
 
"Pembukaan Porseni di lapangan upacara lapas diikuti para pejabat struktural eselon yang menjadi atlet pegawai dan atlet warga binaan pemasyarakatan," ujar Amico.
 
Pembukaan pekan olahraga khusus di lingkungan Lapas Banjarbaru itu diikuti pegawai dan warga binaan diawali laporan Ketua Pelaksana Porseni Tamberin yang juga sebagai Kasubag Tata Usaha.
 
Sebelumnya, Kalapas Banjarbaru Amico Balalembang menyampaikan tujuan digelarnya Porseni sebagai sarana mempererat tali silaturahmi, meningkatkan keakraban, serta mempertebal rasa kekeluargaan antar pegawai dan warga binaan.
 
"Porseni ini juga bentuk pembinaan yang menjadi modal kreatifitas bagi warga binaan saat kembali ke masyarakat. Tetap jaga keamanan dan ketertiban, junjung tinggi sportifitas, kekompakan, dan solidaritas. Selamat bertanding untuk kita semua," ucap Amico.

Baca juga: Lapas Banjarbaru bekali warga binaan dengan pelatihan Hidroponik
 
Sebelum kegiatan dimulai, juga dibacakan janji atlet dan janji wasit serta penyerahan sarana lomba oleh kepala lapas kepada perwakilan warga binaan sebagai tanda resmi dibukanya Porseni. 
 
Sementara itu, cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan adalah Sepak Bola, Voli, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Catur, Domino, dan lomba Adzan yang semuanya diikuti ratusan peserta. 
 
Bukan hanya itu, lomba tradisional seperti Balogo (permainan khas masyarakat Kalsel zaman dulu) juga diperlombakan termasuk tarik tambang, balap karung, dan bakiak yang menambah meriah kegiatan.

Baca juga: Ribuan warga binaan Lapas Banjarbaru dengarkan tausiyah Guru Udin Samarinda

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023