Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pembangunan (Si Abang) guna mempermudah laporan realisasi keuangan dan fisik.
 
Sosialisasi yang dibuka Asisten III Setdako Banjarbaru Agus Widjaja di Aula Linggangan Sekretariat DPRD Kota Banjarbaru, Kamis diikuti para pengelola keuangan baik dinas dan badan hingga kecamatan.
 
"Sosialisasi memberi pemahaman dan pengetahuan penggunaan aplikasi Si Abang tentang realisasi keuangan dan fisik SKPD setiap bulan sehingga mempermudah para pengelola keuangan," ujar Agus.
 
Agus mengatakan, aplikasi makin mempermudah laporan realisasi keuangan dan fisik SKPD di bagian admin pembangunan sehingga bisa digunakan sebagai bahan monitoring pimpinan SKPD bersangkutan.
 
"Aplikasi yang digunakan mampu menginformasikan data realisasi keuangan dan fisik secara realtime khususnya saat kegiatan rakor pimpinan SKPD sehingga semakin mempermudah," ungkapnya.
 
Menurut Agus, administrasi saat ini masih manual menggunakan sarana kertas. Bahkan sampai sekarang, juga sulit menyimpan arsip yang tidak tertata karena penumpukan kertas hampir di setiap SKPD.
 
Agus menekankan, penggunaan aplikasi Si Abang diharapkan mampu mewujudkan langkah optimalisasi administrasi pembangunan sehingga terhindar dari ketidaksamaan data dan tidak kesulitan mencari data.
 
"Makanya, penggunaan aplikasi bisa bermanfaat menciptakan kelancaran dan kemudahan dalam bekerja dan sasaran kinerja dicapai optimal disamping meningkatkan kualitas informasi data," ungkapnya.
 
Sementara itu, sosialisasi aplikasi Si Abang yang diikuti 80 orang peserta menghadirkan narasumber dari Bidang Administrasi Pembangunan Setdako, dan Programmer Dinas Kominfo Kota Banjarbaru.
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023