Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan,  melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian (Ops) kewilayahan Patuh Intan tahun 2023.

Dalam apel bertindak sebagai inspektur upacara Wakapolres HSS Kompol Fahmi Ansori, yang juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) H Muhammad Noor, dan diikuti peserta dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

"Operasi patuh intan 2023 digelar selama 14 hari dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023," kata Wakapolres HSS Kompol Fahmi Ansori dalam amanat Kapolda Kalsel Inspektur Jenderal Polisi Andi Rian R Djajadi, di halaman mapolres setempat, Kandangan, Senin.

Baca juga: Polisi ciduk karyawan swasta kedapatan salahgunakan narkotika

Dijelaskan Fahmi, keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya merupakan suatu hal yang harus dijaga, dan kelola dengan baik.

Dan diketahui hampir sebagian besar aktifitas masyarakat menggunakan prasarana jalan sebagai dalam keseharian, moda transportasi jalan juga merupakan kunci penting dalam perekonomian tumbuhnya suatu bangsa.

“Kebutuhan yang semakin meningkat terhadap prasarana jalan, harus berbanding lurus dengan kompleksitas permasalahan jalan yang semakin banyaknya titik-titik kemacetan, serta tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” ujar Fahmi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Polri dalam hal ini Polda Kalsel akan mengerahkan sekitar 498 personil dalam operasi patuh intan tahun 2023.

Baca juga: Kapolres HSS imbau masyarakat cegah Karhutla

Dalam operasi patuh intan akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang humanis, dalam meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat, serta dalam upaya menurunkan angkat pelanggaran dan kecelakaan.

"Tujuan dari operasi ini meningkatkan kedisiplinan masyarakat, meminimalisir kecelakaan, menurunkan fatalitas korban kecelakaan, serta mewujudkan situasi kamseltibcar lancar di wilayah Polda Kalsel," papar Fahmi.

Adapun operasi patuh intan 2023 ini mengusung tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”, dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023