Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) memberikan bimbingan kepada 195 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa beserta Kepala Desa se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) guna meningkatkan kapasitas kemampuan.

“Kemampuan dan kapasitas kader PKK desa dan Kepala Desa sangat penting untuk mendukung program pemerintah pusat di desa,” kata Ketua TP-PKK Kalsel Raudatul Jannah dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Ketua TP PKK Banjar raih penghargaan program Bangga Kencana BKKBN

Raudatul yang merupakan istri dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor itu menyebutkan ratusan kader PKK perlu mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan selama tiga hari pada 7-9 Juli 2023 di Kota Banjarmasin.

“Kader PKK harus bisa mengedukasi dan mewujudkan keharmonisan dalam sebuah keluarga,” ucapnya.

Dia memaparkan beberapa bimbingan yang diberikan kepada kader PKK Desa diantaranya meningkatkan kemampuan sebagai perencana, pengendali, penggerak, motivator, edukator, fasilitator, dalam rangka menggerakkan masyarakat lebih mandiri dan berdaya saing.

Raudatul menuturkan bimbingan tersebut lebih kepada peningkatan kemampuan kader secara personal untuk mencegah berbagai hal dan situasi yang memiliki dampak buruk terhadap keluarga.

Baca juga: Dua ribuan bibit anggrek Meratus di tanam di lingkungan RSUD Kandangan

Lebih lanjut, berbagai hal tersebut yakni mencegah kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap perempuan dan anak, pernikahan dini, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, ketergantungan anak terhadap telepon genggam, dan inflasi.

Menurutnya, beberapa persoalan tersebut masih menjadi permasalahan yang perlu dituntaskan di Indonesia khususnya di Kalsel.

Raudatul mengungkapkan kader PKK memiliki peran strategis untuk menggerakkan masyarakat melalui keluarga masing masing dengan pendekatan persuasif guna mewujudkan respon positif dari masyarakat.

Dia berharap pada kader PKK khususnya di desa dapat konsisten berperan khususnya pada beberapa program pokok yang telah dicanangkan oleh pihaknya.

Baca juga: Mujiyat tekankan masyarakat cegah stunting

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023