Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan Nurgita Tiya meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.
 
"Alhamdulillah atas capaian ini dan penghargaan bukan hanya untuk kami selaku Ketua TP PKK, tapi untuk semua pihak yang bekerja sama dengan baik," ujarnya melalui keterangan tertulis Kominfo Banjar di Martapura, Kamis.

Baca juga: Pemkab Banjar bidik KLA predikat Nindya
 
Penghargaan diserahkan Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo pada penganugerahan tanda penghargaan bidang pembangunan keluarga, Bangga Kencana 2023, di Griya Agung, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).
 
Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.
 
Berdasarkan sejumlah indikator yang ditetapkan, Nurgita Tiyas yang juga istri Bupati Banjar Saidi Mansyur dinyatakan telah memenuhi syarat sehingga dianggap layak menerima penghargaan tersebut.
 
Menurut Nurgita, ke depan, ia ingin bersama-sama menyusun kekuatan untuk menurunkan angka stunting, bukan hanya pertumbuhan tapi juga kesehatan mental dan karakter anak menjadi karakter yang kuat. 
 
"Satukan lagi kekuatan, turunkan angka stunting yang kini 22,04 persen. Kita masih punya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yakni terus mencegah dan mempercepat penurunan stunting," ucapnya. 
 
Dikatakan, langkah-langkah yang dilakukan mulai dari mengaktifkan posyandu- posyandu yang ada di Kabupaten Banjar sebagai cara yang sangat strategis untuk memastikan tumbuh kembang anak.
 
"Pastikan kawal putera puteri kita, balita, baduta calon pengantin dan pengantin, ibu hamil dan menyusui mendapatkan sosialisasi, edukasi, serta perhatian sehingga mencegah terjadinya stunting," katanya.
 
Baca juga: Pemkab Banjar kembangkan UMKM melalui pembentukan KUM Inklusif

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023