Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Hulu Sungai Utara (Bawaslu HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) meminta para pemuda terlibat mengawal serta memberikan kritik dan saran terhadap penyelenggaraan Pemilu di daerah setempat.

“Peran pemuda untuk memastikan integritas dan transparansi proses Pemilu guna mendorong perbaikan sistem penyelenggaraan,” kata Komisioner Bawaslu HSU Khairil di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Senin.

Baca juga: Parpol di HSU diingatkan tidak curi start kampanye

Khairil menyebutkan pemuda memiliki kecerdasan untuk memahami situasi dan kondisi terkait penyelenggaraan Pemilu.

Menurut Khairil, kritikan dan masukan terhadap penyelenggaraan Pemilu sebagai bukti pemuda terlibat aktif mendukung proses Pemilu yang aman dan lancar.

Dia meminta masukan dan kritikan pemuda terkait Pemilu tidak hanya untuk KPU, tetapi juga terhadap Bawaslu sebagai lembaga yang memiliki peran penting mengawasi tahapan pesta demokrasi rakyat.

Khairil mengajak para pemuda agar ikut terlibat mengawasi partai politik (Parpol), para calon legislatif (caleg) beserta para calon pimpinan daerah maupun pusat.

Baca juga: Bawaslu utamakan mediasi selesaikan sengketa Pemilu

Lebih lanjut, pengawasan yang dimaksud pihaknya ialah terkait potensi pelanggaran baik dari parpol maupun caleg yang kemungkinan besar terjadi jelang Pemilu 2024 mendatang.

Ia menuturkan pihaknya selalu terbuka untuk bekerja sama dengan para generasi muda bersama mengawasi jalannya penyelenggaraan Pemilu guna mewujudkan pesta demokrasi yang adil dan jujur.

Dia juga berharap melalui keterlibatan pemuda aktif mengawasi jalannya Pemilu, para generasi muda tersebut dapat menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu di kemudian hari, bahkan menjadi pemimpin daerah yang berkualitas dan berintegritas.

Baca juga: Bawaslu HSU : Sukses penyelenggaraan Pemilu sukses pula pelaporan keuangan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023